Begini Perintah Anies Antisipasi Dampak Gerhana Bulan Total

Begini Perintah Anies Antisipasi Dampak Gerhana Bulan Total
Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Foto: Fathan Sinaga/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Gerhana bulan total yang terjadi nanti malam, 31 Januari 2018, berpotensi menimbulkan gelombang pasang air laut yang mengancam wilayah pesisir.

Beberapa wilayah di Jakarta yang menjadi langganan banjir, khususnya di kawasan Jakarta Utara diharapkan bersiap untuk mengantisipasi adanya kemungkinan banjir rob tersebut.

Di ibu kota, kawasan yang menjadi langganan banjir dan diantisipasi membawa dampak rob di antaranya adalah Pluit, Kapuk Muara, Penjaringan, Kali Baru, Ancol, Kamal Muara, Tanjung Priok, Marunda, Koja, Kelapa Gading dan lainnya.

Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan pun menginstruksikan jajarannya agar dapat meminimalisir kemungkinan terjadinya banjir dengan berbagai langkah.

‘’Kita pastikan semua pompa-pompa air di sana berfungsi dengan baik. Warga juga diberitahu bahwa akan ada gerhana sehingga semua bisa mengantisipasi. Alarmnya sudah dinyalain semuanya,’’ ujarnya di Balai Kota DKI Jakarta, Selasa (30/1).

Mantan Mendikbud itu melanjutkan, pihaknya juga telah mengeluarkan surat instruksi kepada Dinas Pendidikan, Dinas Pariwisata dan Budaya, Dinas Pendidikan dan Mental Spiritual untuk memanfaatkan fenomena alam yang terjadi 150 tahun sekali itu untuk berbagai tujuan.

Untuk Dinas Pendidikan, Anies mengarahkan guru-guru tersebut untuk memanfaatkannya sebagai bahan pembelajaran sains dan teknologi.

‘’Bukan hanya terkait perbintangannya, tetapi terkait fenomena alam yang menyelimutinya. Kita di pesisir pantai, otomatis ada kenaikan air laut dan itu adalah bahan pelajaran,’’ jelasnya.

Gubenur DKI Jakarta Anies Baswedan meminta jajarannya untuk mengantisipasi kemungkinan terjadinya banjir rob sebagai dampak gerhana bulan total.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News