Begini Rencana Jokowi untuk Penataan Puncak Waringin Labuan Bajo

Begini Rencana Jokowi untuk Penataan Puncak Waringin Labuan Bajo
Presiden Jokowi saat berada di Puncak Waringin di Labuan Bajo, Senin (20/1). Foto: BPMI Setpres

jpnn.com, MANGGARAI BARAT - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meninjau perkembangan penataan kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), Senin (20/1).

Kawasan di Labuan Bajo ini sedang ditata menjadi salah satu destinasi wisata prioritas yang disiapkan pemerintahan Jokowi, dan sedang dikembangkan menjadi sebuah kawasan industri pariwisata.

Kawasan tersebut mencakup area seluas kurang lebih 1.300 meter persegi yang akan dilengkapi dengan pusat cendera mata, amfiteater, ruang terbuka hijau, area parkir, dan dek observasi.

"Ada plasa, city walk, amfiteater, dan itu menjadi ruang publik bagi wisatawan untuk menikmati pagi maupun senja di Labuan Bajo. Saya kira semuanya masih dalam progres yang tepat waktu," kata Jokowi.

Lokasi yang menjadi bagian dari Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Komodo tersebut nantinya juga akan didesain sehingga dapat menjadi sebuah creative hub yang menghubungkan produk-produk dari usaha kecil, mikro, dan menengah setempat dengan para wisatawan yang datang ke Labuan Bajo.

"Juga akan ada training-training yang berkaitan dengan pariwisata dan dengan usaha kecil serta mikro. Saya kira memang dalam semua hal harus kami injeksi, kami berikan training, agar kemasan dan brand setiap produk itu bisa ditingkatkan," katanya.

Untuk mendukung pengembangan kawasan tersebut, pemerintah sedang melakukan percepatan pembangunan infrastruktur pendukung pariwisata. Di antaranya adalah pengembangan bandara yang dimulai awal tahun ini. Baik perpanjangan runway maupun perbaikan secara total dari terminal yang ada.

Selain bandara, pemerintah juga menyiapkan terminal multifungsi di daerah Wae Kelambu, Manggarai Barat, yang terlebih dahulu ditinjau oleh Jokowi sebelum beranjak menuju kawasan Puncak Waringin.

Kawasan Puncak Waringin di Labuan Bajo sedang ditata menjadi salah satu destinasi wisata prioritas yang disiapkan pemerintahan Jokowi, dan sedang dikembangkan menjadi sebuah kawasan industri pariwisata.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News