Begini Respons Menteri Susi Soal Kapal Pengangkut 1 Ton Sabu

Begini Respons Menteri Susi Soal Kapal Pengangkut 1 Ton Sabu
Susi Pudjiastuti. Foto: susipudjiastuti115

jpnn.com, JAKARTA - Menteri KKP Susi Pudjiastuti angkat bicara terkait kapal ikan Sunrise Glory yang ternyata digunakan mengangkut satu ton sabu-sabu.

Susi menjelaskan, kala itu juga menggunakan surat izin penangkapan ikan (SIPI) palsu dan menggunakan tandatangan mantan Dirjen yang sudah pensiun sejak 2009.

Dengan modus ini, dapat diartikan bahwa di balik kejahatan ini merupakan sindikat yang terkoordinir dengan rapi. ”Ini sindikat besar,” paparnya.

Yang lebih mengkhawatirkan, kapal asing dari Taiwan sebenarnya tercatat sudah ratusan kali masuk ke Indonesia. Hampir semuanya dengan cara yang ilegal.

”Kerugian Indonesia jelas sangat besar,” terangnya.

Sebab, kapal asing yang melakukan illegal unreported unregulated fishing itu kerap kali tidak hanya melakukan kejahatan mencuri ikan, namun juga melakukan berbagai kejahatan lain. Seperti penyelundupan narkotika, membawa hewan langka dan perdagangan manusia.

”Dulu ada kapal yang mencuri ikan di dalamnya ada hewan langka, burung Kalimantan ada juga hiu,” tuturnya.

Dengan begitu dapat diartikan kapal asing yang melakukan pencurian itu juga melakukan kejahatan internasional antarnegara. ”Jelas motifnya untuk semakin mendapatkan untung,” paparnya.

Menteri KKP Susi Pudjiastuti angkat bicara terkait kapal ikan Sunrise Glory yang ternyata digunakan mengangkut satu ton sabu-sabu.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News