Begini Strategi Bea Cukai Wilayah Indonesia Timur Menggali Potensi Ekspor

Begini Strategi Bea Cukai Wilayah Indonesia Timur Menggali Potensi Ekspor
Petugas Bea Cukai saat memberikan pelayanan. Foto: Bea Cukai for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Berbagai upaya dilakukan Bea Cukai di wilayah timur Indonesia untuk mendorong pertumbuhan ekonomi nasional. Salah satu satunya dengan menggali berbagai potensi ekspor hingga memberikan stimulus berupa fasilitas kepabeanan.

Bea Cukai juga aktif membagikan informasi dan pengetahuan di bidang ekspor impor guna meningkatkan pemahaman para pelaku usaha, seperti yang dilakukan pada Kamis (22/10) lalu.

Bea Cukai Kupang bekerja sama dengan Direktorat Kepabeanan Internasional dan Antar-Lembaga menggelar seminar, pameran, dan klinik ekspor untuk memberikan informasi kepabeanan dan cukai, serta mendorong industri kecil dan menengah agar dapat bersaing di pasar internasional.

Kepala Kantor Bea Cukai Kupang I Ketut Suardinaya mengatakan kegiatan itu diadakan untuk mendorong para pelaku industri agar dapat meningkatkan ekspor.

“Kami berharap kegiatan ini dapat meningkatkan semangat masyarakat Kupang, khususnya para pelaku IKM untuk berani memperluas pemasaran produknya hingga luar negeri," ucap Ketut Suardiyana.

Sementara pada hari yang sama, Bea Cukai Ternate dan Bea Cukai Ambon juga mengadakan bimbingan teknis kegiatan ekspor impor untuk para pelaku usaha di Maluku.

Bea Cukai Ternate menghadiri forum yang diadakan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Maluku Utara bertema "Peluang dan Tantangan dalam Meningkatkan Ekspor Non Migas di Provinsi Maluku Utara".

Amran Husen selaku narasumber yang berasal dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Khairun mengatakan tantangan yang kini dihadapi dunia usaha di Maluku Utara cukup beragam.

Bea Cukai memberikan stimulus berupa fasilitas kepabeanan hingga mengedukasi para calon eksportir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News