Begini Strategi Kemnaker Persiapkan Talenta Muda Hadapi Tantangan Industrialisasi

Begini Strategi Kemnaker Persiapkan Talenta Muda Hadapi Tantangan Industrialisasi
Kemnaker menyiapkan sejumlah strategi untuk mempersiapkan para talenta muda menghadapi tantangan industrialisasi. Foto: ilustrasi/dokumentasi humas Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) terus melakukan sosialisasi kepada para talenta muda sebagai salah satu strategi agar siap menghadapi tantangan industrialisasi.

Staf Khusus Menteri Ketenagakerjaan (Stafsus Menaker) Caswiyono Rusydie Cakrawangsa mengatakan era digitalisasi telah memunculkan banyak sekali pekerjaan baru di industri maupun sektor informal, seperti pekerja seni dan digital.

“Pada bidang industri juga sudah menerapkan teknologi digital canggih yang tentu membutuhkan tenaga generasi muda berkompetensi baru,” kata Caswiyono melalui siaran pers Biro Humas Kemnaker yang diterima, Kamis(25/5).

Caswiyono mencontohkan di Kabupaten Batang, banyak bidang industri yang telah menerapkan teknologi digital dan membutuhkan generasi muda yang memiliki kompetensi di berbagai bidang pekerjaan.

Karena itu, lanjut dia, Kemnaker telah menyiapkan berbagai kebijakan dan melakukan berbagai langkah guna mendukung pembangunan ketenagakerjaan.

Langkah tersebut dengan menyusun proyeksi dan rencana tenaga kerja makro dan mikro di Kawasan Industri Terpadu Batang (KITB) yang salah satunya berisi peta kebutuhan tenaga kerja.

Langkah selanjutnya dengan mengembangkan sistem informasi pasar kerja di KITB yang terintegrasi dan mudah diakses, meningkatkan kualitas dan kapasitas pelatihan kompetensi di Batang.

Kemudian memasifikasi sertifikasi kompetensi untuk penyediaan tenaga kerja yang bersertifikat, memperkuat dan mengembangkan Bursa Kerja Khusus (BKK) di lembaga pendidikan.

Kemnaker menyiapkan sejumlah strategi untuk mempersiapkan para talenta muda menghadapi tantangan industrialisasi, simak penjelasan Stafsus Menaker

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News