Begini Strategi PGN Hadapi Tantangan Optimasi Utilisasi Gas Bumi di Masa Transisi

Begini Strategi PGN Hadapi Tantangan Optimasi Utilisasi Gas Bumi di Masa Transisi
Salah satu operasional PGN. Foto: Dokumentasi PGN

jpnn.com, JAKARTA - PT PGN Tbk sebagai subholding gas Pertamina terus mendukung peningkatan utilisasi gas bumi dan sinergi pengelolaan seluruh rantai bisnis gas bumi dari hulu hingga hilir di masa transisi energi dengan misi 'Connecting Clean Energy for Sustainable Growth'.

Untuk menjawab tantangan tersebut, PGN menerapkan prinsip kesetimbangan dari Tiga Pilar (Trilema) Energi.

Langkah tersebut sekaligus sebagai upaya optimalisasi utilisasi gas bumi tersebut dapat terealiasi di lapangan dan peran gas bumi sebagai energi transisi menuju target Net Zero Emission 2060 dapat diwujudkan.

Trilema Energi, meliputi Energy Security (Secure & reliable), Energy Equity (Affordable& Available), dan Environmental Sustainability (Green& Clean).

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari menyampaikan dalam upaya menjaga energy security, PGN optimistis dapat berperan secara aktif dalam mempertahankan ketahanan energi, terutama dalam pemanfaatan gas bumi.

Menurut Rosa, dengan memiliki jaringan infrastruktur gas bumi seluas lebih dari 31 ribu kilometer dan 4 terminal LNG, PGN memegang peran penting sebagai pengelola jaringan infrastruktur gas bumi terbesar di Indonesia.

Jaringan ini diharapkan dapat menjamin pasokan gas bumi yang andal dan terinterkoneksi di berbagai wilayah Indonesia.

PGN melihat adanya potensi pasokan yang cukup besar ke depan di berbagai wilayah, termasuk Sumatera Bagian Utara, Sulawesi, Kalimantan Timur, dan Papua.

Direktur Strategi dan Pengembangan Bisnis PGN Rosa Permata Sari mengungkapkan strategi PGN menghadapi tantangan optimasi utilisasi gas bumi di masa transisi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News