JPNN.com

Begini Suasana Geladi Resik Jelang Pementasan Panembahan Reso

Jumat, 24 Januari 2020 – 22:42 WIB
Begini Suasana Geladi Resik Jelang Pementasan Panembahan Reso - JPNN.com
Geladi resik Panembahan Reso di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, Jumat (24/1). Foto: Dedi Yondra/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pementasan karya WS Rendra, Panembahan Reso tinggal hitungan hari. Karya monumental yang pernah sukses tahun 1986 itu bakal dipentaskan kembali di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan, pada 25 Januari 2020.

Sehari jelang pementasan, para pemain dan tim produksi Panembahan Reso menggelar geladi resik, Jumat (24/1) malam. Pentas pemanasan tersebut menampilkan pemain lengkap dengan kostum sekaligus makeup.

Para lakon teater Panembahan Reso tampak serius selama geladi resik berlangsung. Mereka bermain layaknya sedang benar-benar melakukan pertunjukan. Dialog demi dialog dalam setiap babak dibawakan dengan sempurna.

Tidak hanya lakon, para pemain musik pun turut mendukung geladi resik pada Jumat malam. Musik yang disajikan mengiringi beberapa pergantian dari satu babak ke babak berikutnya serta sejumlah adegan.

Menurut salah satu produser, Imran Hasibuan, teater Panembahan Reso melibatkan hingga ratusan orang seniman. Terdiri dari para lakon serta pemusik. "Panembahan Reso melibatkan sekitar 100 orang lebih," kata Imran Hasibuan.

Para seniman yang dilibatkan dalam Panembahan Reso tidak hanya berasal dari satu kelompok. Namun penyelenggara sengaja menggabungkan sejumlah nama yang berasal dari berbagai daerah. "Melibatkan seniman terbaik dari Solo, Yogyakarta, dan Jakarta," ucapnya.

Seperti diketahui, pementasan karya besar dan monumental W.S Rendra bertajuk teater Panembahan Reso akan diadakan pada 25 Januari 2020 di Teater Ciputra Artpreneur, Jakarta Selatan. Produser Auri Jaya tertarik mementaskan ini karena setelah sukses pada era 80an namun teater itu tidak pernah lagi diadakan.

Lakon Panembahan Reso pernah dipentaskan selama tujuh jam di Istora Senayan Jakarta, di tahun 1986. Selama dua hari pementasan itu disaksikan sekitar 15.000 penonton. Setelah itu belum pernah ada lagi kelompok teater yang mementaskan lakon ini.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
jlo