Beginilah Kalimat Sentilan Ketua Bawaslu untuk Para Kepala Daerah

Beginilah Kalimat Sentilan Ketua Bawaslu untuk Para Kepala Daerah
Pilkada serentak 2015. Foto ilustrasi dok.Jawa Pos

jpnn.com - JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad menyentil sejumlah pimpinan daerah yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pemantapan Pelaksanaan Pilkada Serentak Tahun 2015, yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Ancol, Kamis (12/11).

Menurutnya, selama ini sebagian kepala daerah terkesan lebih 'mementingkan' Komisi Pemilihan Umum KPU). Sementara panitia pengawas pemilu (Panwaslu) masih dipandang sebelah mata.

"Sebagian Pemda masih memandang sebelah mata pengawas pemilu. Sebagian bupati/wali kota masih mementingkan KPU, sementara Panwaslu dipandang sebelah mata. Pandangan sebagian Pemda ini seharusnya jadi tantangan bagi kami, membuktikan lembaga adhoc bisa bekerja dengan baik dibanding lembaga permanen," ujar Muhammad saat memberi sambutan.

Muhammad mengingatkan, pihaknya selaku pengawas pelaksanaan pilkada, juga butuh difasilitasi secara proporsional. Jangan sampai energi yang dikeluarkan habis, hanya berkutat pada masalah anggaran. Sementara tujuan utama keberadaan pengawas pemilu, untuk memastikan pelaksanaan benar-benar sesuai aturan perundang-undangan.

"Kami juga butuh kewajiban fasilitasi yang proporsional. Jangan sampai kami terkuras energinya untuk hal-hal yang bukan menjadi konsentrasi kami. Seperti anggaran, dan lain-lain,"ujarnya.

Selain itu, Muhammad juga mengingatkan para kepala daerah agar tim suksesnya tidak terus menerus menggoda kenetralan penyelenggara.

"Secara eksternal gubernur, bupati, wali kota ialah orang partai. Ingatkan tim sukses tidak goda-goda kenetralan penyelenggara. Panwas kami digoda oleh tim sukses orang parpol. Ingatkan tim sukses bapak ibu semua,"ujar Muhammad. (gir/jpnn)

 


JAKARTA - Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Muhammad menyentil sejumlah pimpinan daerah yang hadir dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas)


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News