Beginilah Keseruan Hari Pertama Wonderful Indonesia di Thailand

Beginilah Keseruan Hari Pertama Wonderful Indonesia di Thailand
Wayang raksasa setinggi 3 meter menyambut pengunjung Wonderful Indonesia di Siam Paragon, Bangkok, Thailand, Jumat (22/4). Foto: Wenri Wanhar/JPNN.com.

jpnn.com - DELEGASI kebudayaan Indonesia tampil memukau saat pembukaan gelaran budaya Wonderful Indonesia, di Mall Siam Paragon, Bangkok, Jumat (22/4) sore.

Wenri Wanhar - Jawa Pos National Network

Paviliun Indonesia di lantai 2 mall terbesar di ibukota Thailand itu mulanya sepi. Melintasinya, orang-orang hanya berlalu begitu saja.

Ornamen replika Candi Borobudur tidak mampu menarik perhatian. Padahal, candi Budha terbesar di dunia itulah ikon perhelatan tersebut.   

Apa pasal? Entah karena buru-buru, atau ada pertimbangan lain, replika Borobudur dikemas--maaf--ala kadarnya. 

Hanya foto songkok-songkok candi hasil cetak printing. Ditempel pada busa, kemudian ditata. Bolehlah idenya. Hanya saja, kenapa tak satu pun relief legendaris di dinding Borobudur ditampilkan?

Bukankah satu di antara nilai lebih Borobudur, ada pada relief yang menceritakan sejarah Sidharta Gautama, si pembawa ajaran Budha? 

Dan, bukankah Menteri Pariwisata Arif Yahya tempo hari mengatakan, target utama perhelatan ini untuk menarik penduduk Thailand yang 90 persen beragama Budha untuk datang ke Borobudur?

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News