Beginilah Pemain Timnas Basket Indonesia Jaga Kebugaran

Beginilah Pemain Timnas Basket Indonesia Jaga Kebugaran
Pemain timnas basket Indonesia jaga kebugaran tubuh di pusat kebugaran di Batam, Kepri, kemarin. Foto: batampos/jpg

jpnn.com, BATAM - Tim Nasional (Timnas) basket putra Indonesia yang saat ini sedang menjalani Training Center (TC) di Batam semakin mengintensifkan pola latihannya guna persiapan menjelang SEA Games 2017 Malaysia.

Tak hanya berlatih di lapangan, timnas juga menjalani latihan di pusat kebugaran. Dalam olahraga basket ada dua metode latihan. Pertama adalah latihan daya tahan otot di tempat pusat kebugaran atau tempat fitnes, kedua adalah latihan teknis dan strategi di lapangan.

"Kedua latihan ini merupakan fundamental penting yang harus dimiliki seorang pebasket," ujar pelatih timnas basket putra, Wahyu Widayat Jati kepada Batam Pos (Jawa Pos Group) di Celebrity Fitnes Kepri Mall, Sabtu (3/6).

Latihan di tempat fitnes yang dilakukan setiap Jumat dan Sabtu ini bertujuan untuk menguatkan kekuatan otot pemain timnas sekaligus menjaga kebugaran kondisi fisik pemain.

"Supaya pemain juga tidak jenuh latihan di lapangan," kata Wahyu.

Wahyu menjelaskan, untuk latihan daya tahan otot ada beberapa menu porsi latihan beban.

Seperti latihan angkat beban yang bertujuan menstabilkan bahu dan menguatkan kekuatan tulang belakang dalam kontak fisik. Squat jump guna memperkuat kaki untuk melakukan lompatan pada jump shot, slamdunk dan defensive atau offensive rebound.

"Selain itu juga kami berikan latihan seperti push up dan sit up untuk memperkuat otot lengan dan perut," jelasnya.

Tim Nasional (Timnas) basket putra Indonesia yang saat ini sedang menjalani Training Center (TC) di Batam semakin mengintensifkan pola latihannya

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News