Beginilah Pengalaman Wiranto Menjadi Menteri bagi Empat Presiden

Beginilah Pengalaman Wiranto Menjadi Menteri bagi Empat Presiden
Menkopolhukam Wiranto. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto merasa beruntung karena menjadi bagian dalam kabinet yang dipimpin oleh empat Presiden RI yang berbeda.

Wiranto menceritakan pengalamannya itu saat membuka Musyawarah Kerja Nasional (Mukernas) PPP di Ancol, Jakarta Utara, Senin (3/10) malam. "Saya kebetulan diizinkan mendampingi empat presiden, dan saya tidak mencari jabatan," ujarnya.

Wiranto memang pernah menjadi menteri pertahanan di ujung kekuasaan Presiden Soeharto. Beralih ke era Presiden Habibie yang membentuk Kabinet Reformasi Pembangunan, Wiranto menjadi Panglima ABRI yang kala itu juga bagian dari anggota kabinet.

Begitu KH Abdurrahman Wahid alias Gus Dur menjadi Presiden RI ke-4, Wiranto dipercaya menjadi menteri koordinator politik, hukum dan keamanan. Namun, Wiranto terpaksa mundur dari kabinet Gus Dur.

Wiranto lantas belasan tahun berada di luar kabinet sejak Presiden Megawati Soekarnoputri hingga dua periode kepresidenan Susilo Bambang Yudhoyono. Namun, pada era Presiden Joko Widodo, lagi-lagi Wiranto masuk kabinet sebagai menkopolhukam menggantikan Luhut Binsar Panjaitan.

Dari pengamatan Wiranto selama duduk di empat kabinet yang berbeda, masing-masing presiden punya gaya tersendiri. Terutama saat menggelar rapat terbatas ataupun sidang paripurna di istana.

Wiranto menuturkan, pada era Presiden Soeharto pula ada rapat kabinet. Selanjutnya di era Presiden Habibie ada sidang paripurna seminggu sekali dan rapat terbatas yang digelar dua kali dalam seminggu.

Sementara pada era Presiden Gus Dur, jarang ada rapat kabinet. Namun, Gus Dur selalu memberi petunjuk dan arahan sebagaimana rapat kabinet.

JAKARTA - Menteri Koordinator Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Wiranto merasa beruntung karena menjadi bagian dalam kabinet yang dipimpin

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News