Beginilah Rumus Membangun Desa Menurut Budiman Sudjatmiko

Beginilah Rumus Membangun Desa Menurut Budiman Sudjatmiko
Budiman Sudjatmiko. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Anggota DPR RI yang menjadi salah satu inisiator lahirnya Undang-Undang Desa, Budiman Sudjatmiko memaparkan rumus untuk membangun desa yang sejahtera dan berdaya.

“Berdasarkan pengalaman saya, yang terpenting adalah karakter dan kualitas SDM nya. Kalau kata Pak Jokowi ya revolusi mental itu untuk mencetak SDM yang karakternya baik juga memiliki kompetensi dan daya saing,” kata Budiman.

Tak cukup hanya itu politisi PDI-Perjuangan ini juga menggarisbawahi pentingnya pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK).

Ini alasan Budiman mempertemukan warga desa Desa Langgongsari, Kecamatan Cilongok, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah yang masih termasuk daerah pemilihannya, dengan pakar dan praktisi teknologi serta neurosains nasional dalam acara bertajuk “Techno Village: Revolusi Teknologi dan Intelegensia dari Desa Untuk Indonesia.”

Desa Langgongsari dapat dijadikan percontohan. Usai melakukan kunjungan kerja ke Desa Langgongsari itu Budiman mengatakan terkaget melihat dan merasakan suatu perkembangan signifikan di desa terutama soal keberanian dan invonasi dalam pengelolaan dana desa nya di sana.

Pasalnya Desa Langgongsari, diwakili oleh Kepala Desa bernama Rasim pada saat kunjungan, melaporkan juga perkembangan pembangunan Taman Agrowisata Terintegrasi yang dikelola Oleh Badan Usaha Milik Desa (BUMDes).

Menurut Budiman, Rasim memang sering berdiskusi dengannya dan mengatakan ingin melakukan yang terbaik untuk seluruh warga di Desa. Oleh karena itu Budiman mengatakan semangat mendampingi Desa nya hingga sering membawa rekan rekannya akademisi, professional dan korporasi sejak 2015. Bahkan disepakati bersama Taman Agrowisata yang dibangun di Desa Langgongsari tersebut diberi nama Taman Mini Revolusi Mental.

"Nah di Langgongsari inilah saya ketemu dengan Rasim, Kepala Desa yang visioner dan menginspirasi. Dia sepakat bersama saya membangun Taman Agrowisata dengan pendekatan neurosains sebagai media konkret untuk merevolusi mental warga Desa. Dia juga memanfaatkan teknologi dengan optimal,” lanjut Budiman.

Anggota DPR RI yang menjadi salah satu inisiator lahirnya Undang-Undang Desa, Budiman Sudjatmiko memaparkan rumus untuk membangun desa yang sejahtera

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News