BEI Target Tambah 35 Emiten Tahun Ini

BEI Target Tambah 35 Emiten Tahun Ini
Ilustrasi. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA – PT Waskita Beton Precast membuka harapan adanya perusahaan dari keluarga badan usaha milik negara (BUMN) yang melakukan penawaran saham perdana kepada publik di tahun ini.

Anak usaha PT Waskita Karya Tbk (WSKT) itu ditargetkan listing di Bursa Efek Indonesia (BEI) pada September mendatang.

Dalam miniekspos di BEI, manajemen Waskita Beton menyampaikan nilai ekuitas perusahaan cukup besar, mencapai Rp 1,1 triliun. Perusahaan berencana melepas maksimal 40 persen saham ke publik.

Belum diketahui target dana yang ingin diraih. Aksi korporasi tersebut diprediksi mampu menghasilkan Rp 4 triliun. Menurut Direktur Penilaian Perusahaan BEI Samsul Hidayat, sebagian besar dana yang dihasilkan akan digunakan untuk ekspansi dan menambah modal kerja.

 ”Banyak kok, sudah kelihatan perusahaan besar-besar (selain Waskita Beton, Red) yang berniat melakukan IPO,” ucapnya.

Waskita Beton menggunakan buku keuangan Juni 2016 dalam rangka penawaran saham ke publik. BNI Securities, Danareksa Sekuritas, Mandiri Sekuritas, dan Bahana Securities bertindak sebagai perusahaan penjamin emisi dalam IPO (initial public offering) Waskita Beton.

Samsul mengatakan, saat ini dunia usaha terlihat mulai menggeliat sehingga membutuhkan tambahan dana untuk ekspansi dan modal kerja. Bagi perusahaan terbuka, penerbitan obligasi korporasi atau emisi saham baru menjadi pilihan mencari dana segar.

Sedangkan untuk perusahaan tertutup, penerbitan saham perdana menjadi pilihan utama. ”Dari semua sektor ya, terutama infrastruktur dan yang terkait serta properti,” kata Samsul kemarin (23/6).

JAKARTA – PT Waskita Beton Precast membuka harapan adanya perusahaan dari keluarga badan usaha milik negara (BUMN) yang melakukan penawaran

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News