Bekas Bos Pengembang Akui Beri Rp 2 M ke Bang Sanusi, Tapi....

Bekas Bos Pengembang Akui Beri Rp 2 M ke Bang Sanusi, Tapi....
Gubernur DKI Jakarta Basuki T Purnama dan M Sanusi di Pengadilan Tipikor Jakarta, beberapa waktu lalu. Foto: dokumen JPNN.Com

jpnn.com - JAKARTA - Mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja mengaku pernah memberi uang Rp 2 miliar kepada kader Partai Gerindra di DPRD DKI, M Sanusi. Ariesman menyebut uang itu untuk membantu Sanusi mempersiapkan diri sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta 2017.  

"Saya menjanjikan beliau soal pendanaan, saya siap bantu Rp 2 miliar," kata Ariesman saat bersaksi pada persidangan di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (26/9) dengan terdakwa M Sanusi.

Ariesman mengatakan, pemberian uang itu memang dilakukan saat DPRD DKI membahas  rancangan peraturan daerah (raperda) reklamasi Teluk Jakarta. Namun, ia menegaskan, pemberian itu tidak ada kaitan dengan pembahasan raperda.

Ariesman mengaku sudah lama mengenal Sanusi. Bahkan, ia kerap berbisnis bersama. “Saya bersahabat dengan M Sanusi  sudah berjalan sepuluh tahun dan kerap kerja sama  dalam berbisnis," ujarnya.

Krisna Murti, pengacara Sanusi mengatakan bahwa sudah jelas-jelas kliennya tidak menerima suap dari Ariesman terkait pembahasan raperda reklamasi. “Dana itu diberikan untuk bantuan persiapan calon gubenur 2017," papar Krisna.

Karenanya dia siap membuktikan bahwa Sanusi tidak menerima suap. "Kita lihat perkembangan persidangan nanti," ujarnya.

Sanusi memang menyatakan diri akan maju dalam kontestasi pemilihan gubernur DKI Jakarta 2017.  Namun akhirnya dia ditangkap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) lantaran terjerat perkara suap raperda reklamasi.

Meski demikian Sanusi tetap mendukung keputusan partainya yang mengusung Anies Baswedan Sandiaga Uno pada pilkada DKI 2017. "Jadi saya bersyukur sekali kalau kedua ini bisa  jadi pasangan yang maju di pilgub," tegasnya.(boy/jpnn)

JAKARTA - Mantan Presiden Direktur PT Agung Podomoro Land (APL) Ariesman Widjaja mengaku pernah memberi uang Rp 2 miliar kepada kader Partai Gerindra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News