Bela China, Kamboja Tarik Dubes di Filipina

Bela China, Kamboja Tarik Dubes di Filipina
Hos Sereythonh. Foti : Philippine Star
MANILA - Pemerintah Kamboja memanggil pulang duta besarnya di Filipina, Hos Sereythonh terkait sengketa perbatasan laut. Penarikan itu dilakukan menyusul pernyataan Sereythonh yang menuduh Filipina memainkan politik kotor terkait perbatasan laut dengan China.

Menteri Luar Negeri Filipina, Albert del Rosario, mengungkapkan penarikan Sereythonh oleh pemerintah Kamboja dalam keterangan kepada wartawan di Manila, Jumat (10/8). Namun Rosario tidak merinci alasan pasti pemanggilan Sereythonh ke negara asalnya.

Sebelumnya, bulan lalu Rosario memanggil Sereythonh untuk menjelaskan komentar dalam surat yang ditujukannya kepada sebuah surat kabar di Manila. Dalam suratnya kepada harian Philippine Star, Sereythonh menuduh Filipina dan Vietnam telah berkonspirasi dan membajak komunike bersama dalam pertemuan ASEAN di Kamboja beberapa waktu lalu. Sereythonh pun menyalahkan Filipina dan Vietnam sebagai penyebab pertikaian dalam konferensi ASEAN yang berlangsung beberapa waktu lalu di Kamboja.

Namun Sereythonh tidak memenuhi panggilan itu dengan alasan sedang sakit. Yang pasti komentar pedas Sereythonh telah memperkeruh perbedaan faksi di antara 10 negara anggota ASEAN menyusul gagalnya mencapai kesepakatan menyikapi sengketa di Laut China Selatan.

MANILA - Pemerintah Kamboja memanggil pulang duta besarnya di Filipina, Hos Sereythonh terkait sengketa perbatasan laut. Penarikan itu dilakukan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News