Belanda Belajar dari Euro 2008

Belanda Belajar dari Euro 2008
SEJARAH - Para pemain Belanda bercanda sembari latihan, di Stadion Athlone, Cape Town, Senin (5/7) kemarin. Foto: AFP Photo/Thomas Coex/FIFA.com.
JOHANNESBURG - Belanda hanya terpisah satu laga dari partai puncak Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan. Tim Oranje - julukan Belanda - punya peluang menyamai prestasi pada PD 1974 dan 1978. Namun, kalau lengah, peluang itu justru bisa melayang.

Pelatih Belanda Bert Van Marwijk mewanti-wanti supaya Giovanni van Bronckhorst dkk tidak terlampau percaya diri, setelah sukses menyingkirkan Brazil di perempat final. Selain juga bahwa mereka sudah menjalani 24 pertandingan tanpa tersentuh kekalahan.

"Kami punya pengalaman di masa lalu. Pikirkan tentang dua tahun lalu di Austria-Swiss (Euro 2008, Red). Kami mengalahkan Italia, Prancis, dan semua mulai berpikir kami bisa menjuarai Eropa," kata Van Marwijk, seperti dilansir AP.

Ya, di ajang itu, Belanda menghabisi Italia tiga gol tanpa balas, lalu dilanjutkan dengan membekuk Prancis 4-1 di laga kedua. Kemudian, giliran Rumania yang menjadi korban terakhir merekan dengan skor 2-0. Setelah itu, Belanda yang diarsiteki Marco van Basten jadi favorit.

JOHANNESBURG - Belanda hanya terpisah satu laga dari partai puncak Piala Dunia (PD) 2010 Afrika Selatan. Tim Oranje - julukan Belanda - punya peluang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News