Belarusia Kirim Senjata ke Pantai Gading

Belarusia Kirim Senjata ke Pantai Gading
Belarusia Kirim Senjata ke Pantai Gading
ABIDJAN - Belarusia menyita perhatian dunia. Saat PBB memberlakukan embargo senjata internasional di Pantai Gading, negara yang terletak di kawasan Eropa Timur itu justru mengirimkan tiga helikopter tempur ke sana. Kemarin (28/2), Sekjen PBB Ban Ki-moon menyatakan keprihatinannya atas sikap Belarusia tersebut.

Menurut Ban, kiriman pertama helikopter militer itu tiba Minggu lalu (27/2). Sedangkan, kiriman selanjutnya dijadwalkan tiba kemarin. "Ini merupakan bentuk pelanggaran serius embargo yang diterapkan di Cote d"Ivoire (Pantai Gading) sejak 2004 lalu," terang diplomat asal Korea Selatan (Korsel) tersebut, seperti dikutip Associated Press kemarin.

Saat ini, lanjut Ban, komite khusus Dewan Keamanan (DK) PBB tengah membahas pelanggaran serius yang dilakukan Belarusia tersebut. Jika terbukti melanggar, maka Belarusia akan dikenai sanksi tegas. "Komite khusus itulah yang nantinya akan merumuskan sanksi bagi Belarusia, sesuai berat atau ringannya pelanggaran yang dilakukan," lanjut tokoh 66 tahun tersebut.

Namun, Belarusia menyangkal tudingan PBB. Mereka membantah telah mengirimkan tiga helikopter tempur ke negeri yang tengah dicengkeram sengketa penetapan presiden tersebut. Menteri Luar Negeri Andrei Savinykh menyebut tudingan itu tak berdasar. "Belarusia tidak pernah memasok persenjataan jenis apapun ke Pantai Gading," tandasnya.

ABIDJAN - Belarusia menyita perhatian dunia. Saat PBB memberlakukan embargo senjata internasional di Pantai Gading, negara yang terletak di kawasan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News