Selasa, 19 Februari 2019 – 01:18 WIB

Belasan Caleg Kompak Ganti Nama Jelang Pemilu

Rabu, 06 Februari 2019 – 07:56 WIB
Belasan Caleg Kompak Ganti Nama Jelang Pemilu - JPNN.COM

jpnn.com, BANGKOK - Thaksin kembali berlaga di kontestasi politik Thailand. Begitu juga Yingluck. Eits, ini bukan soal kakak beradik Shinawatra yang dua-duanya pernah menjadi perdana menteri (PM) di Negeri Gajah Putih tersebut. Ini terkait dengan caleg-caleg Thailand yang latah memakai nama Thaksin dan Yingluck.

Nama Thaksin dan Yingluck itu muncul pada hari pertama pendaftaran pemilu di Bangkok Senin (4/2). Sebanyak 6.000 politikus langsung ambil bagian. Nah, di antara mereka, ada 15 caleg dari Partai Pheu Thai yang mencuri atensi.

''Ada 15 anggota partai kami yang mengganti namanya secara legal. Sepuluh pria memakai nama Thaksin. Lima perempuan ganti nama menjadi Yingluck,'' kata Ketpreeya Kaewsanmuang, juru bicara partai, kepada The Guardian.

Dua nama itu memang top banget. Thaksin Shinawatra adalah PM periode 2001-2006. Yingluck, adiknya, menjabat pada 2011-2014. ''Menurut saya, wajar mereka ingin diingat rakyat. Tidak ada peraturan yang melarang hal tersebut,'' ungkapnya.

Namun, nama tersebut bisa jadi bumerang. Sebab, dua Shinawatra itu sama-sama bermasalah di akhir masa jabatan. Thaksin dikudeta militer. Yingluck dicopot mahkamah konstitusi karena dituduh menyalahgunakan kekuasaan.

''Salah-salah partai kompetitor bisa menuduh Thaksin dan Yingluck menjadi pengendali Partai Pheu Thai meski bukan lagi anggota. Bisa-bisa partai pecah hanya karena ini,'' ujar Thitinan Pongsudhirak, profesor Institute of Security and International Studies.

Hmm,... semoga Thaksin-Yingluck anyar itu tidak bernasib sama seperti duo Shinawatra tersebut. (bil/c14/dos)

Sumber : Jawa Pos
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar