Belasan PAC PDIP Sergai Ultimatum Delpin Barus

Belasan PAC PDIP Sergai Ultimatum Delpin Barus
Bendera PDIP. Foto: dokumen JPNN

jpnn.com, MEDAN - Sebanyak 14 PAC PDIP se-Serdang Bedagai (Sergai) mengalami krisis kepercayaan terhadap Delpin Barus, selaku Ketua DPC PDIP Sergai.

Bahkan mereka mengultimatum Delpin Barus untuk tidak menginginkan terulangnya peristiwa tahun 1996 lantaran tak mengakomodir keluhan 14 PAC dari 17 PAC PDIP se se-Sergai.

"Bisa saja terulang peristiwa itu seandainya Delpin Barus bersikukuh menolak saksi partai yang kami ajukan,” kata Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Perbaungan, Anwarsyam saat dihubungi via selular, Kamis (21/3/2019) malam.

Seperti diketahui peristiwa 27 Juli 1996 adalah kerusuhan pengambilalihan secara paksa kantor DPP Partai Demokrasi Indonesia (PDI) di Jl Diponegoro 58 Jakarta Pusat. Saat itu merupakan tragedi berdarah. Peristiwa itu pun disebut sebagai peristiwa Sabtu Kelabu.

“Apa beliau (Delpin Barus-red) mau seperti itu terjadi di Kabupaten Sergai. Kalau itu yang dia mau, kami pun siap melayaninya. Jangan sampai ‘Merah berubah menjadi berdarah-darah di Kabupaten Sergai’.” tantang Anwarsyam.

Belasan PAC PDIP se Sergai mengalami krisis kepercayaan terhadap Delpin Barus karena menilai Ketua DPC PDIP Sergai telah melanggar aturan internal partai. Ke 14 PAC ini menyerah data saksi yang akan ditempatkan di setiap Tempat Pemungutan Suara (TPS) Pemilu 2019, tapi ditolak Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Cabang Sergei Aron Nababan.

Alasannya, data saksi sudah dikirim ke Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Sumut dari Koordinator Wilayah (Korwil) DPC yang melaksanakan perekrutan saksi, dan hal itu atas petunjuk pihak DPC.

Kemudian, Rabu (20/3), mereka mendatangi kantor DPC PDIP Kabupaten Serdang Bedagai. Kedatangan 14 PAC PDI Perjuangan se Sergai ini diterima Wakil Ketua DPC PDIP Sergai P Sihombing dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Saksi Pemilu Nasional (BSPN) Cabang Sergei Aron Nababan.

Sebanyak 14 PAC PDIP se-Serdang Bedagai (Sergai) mengalami krisis kepercayaan terhadap Delpin Barus, selaku Ketua DPC PDIP Sergai.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News