Belum Saatnya Ibukota Sumbar Dipindah

Belum Saatnya Ibukota Sumbar Dipindah
Belum Saatnya Ibukota Sumbar Dipindah
JAKARTA — Ketua DPD RI Irman Gusman menegaskan belum saatnya bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatera Barat memindahkan ibukota Sumatera Barat ke luar kota Padang. Menurutnya pemindahan ibukota Sumatera Barat ke luar kota Padang membutuhkan dana cukup besar.

“Pemindahan itu saat ini sulit dilakukan dan bukanlah pekerjaan mudah karena harus membuat infrastruktur baru,” kata Irman di Jakarta, Selasa (19/1), menanggapi peringatan tim ahli seismologi Institut Riset Sains Lingkungan Hidup di Universitas Ulster, Irlandia Utara, John McCloskey seperti dilansir kantor berita AFP, Senin lalu.

Seperti diketahui, McCloskey terkenal sejak dia prediksi gempa Sumatera pasca gempa bumi dan gelombang tsunami meluluh lantakan pesisir Nangroe Aceh Darussalam (NAD) dan Nias lima tahun silam. Kala itu, McCloskey memprediksi bahwa sehabis gempa dan tsunami 26 Desember 2004 yang menggoncang pesisir Aceh dan Nias bakal ada gempa berikutnya dengan disertai tsunami.  Kenyataannya benar. Dua minggu setelah McClosky mengeluarkan peringatan, tepatnya 28 Maret 2005, gempa dengan kekuatan 8,6 Skala Richter menerjang Pulau Simeulue (NAD) dan menciptakan tsunami 3 meter.

Kali ini ahli itu kembali memperingatkan. Bahkan dikatakan, bencana serupa yang menewaskan banyak orang berpeluang kembali terjadi di Sumatera. Dan kota Padang yang diguncang gempa tahun lalu, sebagai garis bidiknya.

JAKARTA — Ketua DPD RI Irman Gusman menegaskan belum saatnya bagi Pemerintah Daerah (Pemda) Sumatera Barat memindahkan ibukota Sumatera Barat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News