BEM Nusantara: Integritas dan Independensi MK Mati di Era Presiden Jokowi

BEM Nusantara: Integritas dan Independensi MK Mati di Era Presiden Jokowi
Sejumlah anggota BEM Nusantara menggelar aksi demo sebagai respons atas putusan MK soal batas usia capres-cawapres. Dok: BEM Nusantara.

jpnn.com, JAKARTA - Ratusan anggota Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Nusantara menggelar unjuk rasa di kawasan Patung Kuda, Jalan Medan Merdeka Barat, RT 2, RW 3, Gambir, Jakarta Pusat, Rabu (18/10).

Demo itu sebagai respons atas putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal batas usia calon presiden (capres) dan calon wakil presiden (cawapres).

Koordinator Pusat BEM Nusantara Ahmad Supardi menilai integritas dan independensi MK sudah mati di era Jokowi setelah adanya putusan sidang dalam gugatan Pasal 169 huruf q Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu.

"MK lembaga independen yang seharusnya tegak lurus bersama rakyat, mengakomodasi kepentingan rakyat, ini dijadikan alat politik untuk memuluskan jalan politik pihak tertentu. Jadi, itu-itu saja yang berkuasa," ujarnya.

Pria yang akrab disapa Ardi itu menyatakan seharusnya MK independen dan menjaga integritasnya dalam setiap putusan yang diambil.

"Kami menyatakan bahwa seharusnya MK lembaga yang independen dan tidak boleh diintervensi oleh pihak mana pun. Artinya, MK harus bersikap rasional, mandiri, independen, dan transparan kepada publik," katanya.

Ardi mengatakan demonstrasi hari ini sebagai respons cepat pihaknya menanggapi isu yang berkembang di masyarakat.

"Kami melakukan langkah demonstrasi hari ini untuk memantik mahasiswa agar cepat merespons ini lho dari kami, mahasiswa," katanya.

Ratusan anggota BEM Nusantara mengadakan aksi unjuk rasa menyikapi keputusan MK soal batas usia capres dan cawapres.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News