JPNN.com

Benarkah Air Kelapa Bisa Sehatkan Ginjal?

Senin, 21 Mei 2018 – 05:19 WIB Benarkah Air Kelapa Bisa Sehatkan Ginjal? - JPNN.com

jpnn.com - Banyak orang menyukai air kelapa karena menyegarkan, apalagi bila dikonsumsi dengan es batu saat cuaca panas. Namun, ternyata air kelapa tak hanya nikmat di lidah, tetapi juga memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Salah satunya adalah bisa menyehatkan ginjal.

Selain kandungan air, kelapa atau Cocos nucifera L. mengandung serat dan sejumlah zat gizi penting. Kandungannya termasuk vitamin dan mineral yang kerap tidak terpenuhi kebutuhannya oleh tubuh.

Beberapa di antaranya, yakni vitamin B1, vitamin B7 (asam folat), vitamin C, kalium, natrium, magnesium, mangan, tembaga, selenium, zat besi, dan fosfor.

Nah, khusus untuk kesehatan ginjal, air kelapa dapat memberikan manfaat melalui beberapa cara, yaitu:

1. Menstabilkan kadar gula darah

Tingginya kadar gula darah dapat merusak pembuluh darah ginjal. Lama-kelamaan, sistem penyaringan ginjal akan rusak dan memengaruhi kemampuannya untuk mengeluarkan sisa metabolisme, racun, dan kelebihan cairan dalam tubuh. Pada diabetes, komplikasi yang disebut sebagai nefropati diabetik ini dapat berujung pada gagal ginjal selama kadar gula darah tidak terkontrol.

Di tahun 2015, dilakukan studi pada tikus-tikus yang diinduksi diabetes. Hasilnya menunjukkan bahwa konsumsi air kelapa pada tikus-tikus percobaan ini dapat memperbaiki kadar gula darah serta menurunkan kadar HbA1c, penanda kontrol gula darah dalam jangka panjang.

Ini disebabkan air kelapa mengandung mineral magnesium, yang dapat membuat sel-sel tubuh lebih merespons kerja hormon insulin sehingga kadar gula bisa diturunkan. Selain itu, minuman ini juga kaya antioksidan untuk melawan radikal bebas yang dapat mempercepat kerusakan ginjal.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...