Benarkah Ketumbar Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol?

Benarkah Ketumbar Bisa Bantu Turunkan Kadar Kolesterol?
Ketumbar. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Ketumbar bisa membuat masakan terasa lebih sedap dan nikmat. Namun rupanya, tak hanya bermanfaat sebagai campuran dalam makanan, ketumbar juga dipercaya punya manfaat kesehatan.

Salah satu yang banyak diyakini orang khasiat ketumbar untuk menurunkan kadar kolesterol tinggi. Apakah klaim manfaat ketumbar untuk kolesterol tersebut sudah tepat?

Ketumbar berkhasiat turunkan kolesterol?

Menjawab pertanyaan tersebut, dr. Arina Heidyana mengamini kalau biji-bijian kecil yang berasal dari tanaman Coriandrum sativum itu berkhasiat untuk penderita kolesterol tinggi.

“Berdasarkan beberapa penelitian yang sudah dilakukan, benar ada manfaat ketumbar untuk menurunkan kolesterol. Salah satunya karena kandungan antioksidannya,” ujar dr. Arina.

Penelitian terkait klaim ini salah satunya pernah dilakukan pada 2012 dan dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences.

Dalam studi ini, peneliti ingin melihat efek ketumbar pada kelinci yang diberi makanan tinggi kolesterol selama 120 hari.

Kelinci yang diberikan diet tinggi kolesterol mengalami peningkatan signifikan kadar trigliserida dan kolesterol low-density lipoprotein (lemak jahat).

Tak hanya bermanfaat sebagai campuran dalam makanan, ketumbar juga dipercaya punya manfaat kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News