Benarkah Mudah Tertidur Merupakan Gangguan Kesehatan?

Benarkah Mudah Tertidur Merupakan Gangguan Kesehatan?
Ilustrasi Tidur. FOTO : pixabay

jpnn.com - Beragam masalah tidur bisa saja muncul, salah satunya adalah insomnia. Namun, Anda juga perlu waspada bila mudah tertidur. Sebab, kondisi ini juga dianggap menandakan adanya gangguan kesehatan.

Jika dibiarkan, Anda bisa terkena penyakit berbahaya.

Pada umumnya, seseorang bisa mudah tertidur karena butuh istirahat atau tidak berada dalam kondisi fit misalnya saat badan lemas. Secara gamblang, dr. Alvin Nursalim dari KlikDokter menjelaskan salah satu faktor yang menyebabkan seseorang mudah tertidur.

“Kurang tidur menjadi salah satu penyebab kelelahan yang paling sering dikeluhkan oleh seseorang. Lama jam tidur paling ideal umumnya adalah 8 jam dalam sehari, menyesuaikan usia dan kondisi biologis yang ada,” ujar dr. Alvin.

Kondisi penyakit seperti anemia juga bisa menyebabkan badan lemas yang kemudian berujung pada mudah tertidur. Bila Anda mengalami hal ini, sebaiknya pastikan diagnosis dengan melakukan pemeriksaan darah. 

Anda juga dapat mengonsumsi makanan yang tinggi akan zat besi seperti daging dan sayuran hijau.

Di luar dua penyebab di atas, seseorang bisa mudah tertidur karena disebabkan oleh berbagai kondisi lain, mulai kelainan saraf hingga kondisi lingkungan.

Fakta di balik mudah tertidur

Anda juga perlu waspada bila mudah tertidur. Sebab, kondisi ini juga dianggap menandakan adanya gangguan kesehatan.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News