Benarkah Patah Hati Bisa Picu Kanker?

Benarkah Patah Hati Bisa Picu Kanker?
Ilustrasi patah hati. Foto: Hellosehat

jpnn.com - Patah hati merupakan sebuah masalah yang mungkin pernah dialami setiap orang. Saat mengalami kondisi ini, suasana hati dan kondisi fisik bisa berubah secara drastis. Bahkan, menurut beberapa orang, patah hati juga bisa memicu terjadinya kanker.

Ditinjau secara logika, patah hati dan penyakit kanker adalah dua hal yang sangat berjauhan. Sayangnya, medis tidak setuju dengan hal itu dan menganggap bahwa patah hati dan kanker adalah dua hal yang mungkin saja memiliki hubungan.

“Ada penelitian yang menyebut bahwa patah hati bisa picu kanker dan temuan ini masuk akal. Karena patah hati itu sebenarnya bagian dari stres, yang bisa menyebabkan berbagai perubahan pada tubuh,” kata dr. Dejandra Rasnaya dari KlikDokter.

“Saat stres, ada hormon yang keluar dan seluruh tubuh pasti ikut terpengaruh. Baik itu dari asam lambungnya yang naik, bisa darah tinggi atau hipertensi, kolesterol dan gula darah juga bisa melonjak. Itu semua terjadi karena tubuh memproduksi hormon stres dalam jumlah tinggi,” dr. Dery melanjutkan penjelasan.

Terkait itu, American Heart Association mengatakan bahwa stres berkepanjangan akibat patah hati alias broken heart syndrome dapat memicu pengeluaran hormon kortisol dan adrenalin. Peristiwa ini menyebabkan terjadinya peningkatan tekanan darah, yang lama-kelamaan mengancam kesehatan jantung.

Tak berhenti di situ, stres emosional yang terjadi secara kronis akibat patah hati juga dapat menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan timbulnya peradangan maupun penyakit. Kondisi ini disebut sebagai sindrom patah hati.

Sekilas tentang sindrom patah hati

Sindrom patah hati atau broken heart syndrome (Takotsubo cardiomyopathy) adalah suatu gangguan pada jantung yang bersifat sementara. Kondisi ini biasanya muncul ketika seseorang mengalami stres akibat kehilangan seseorang yang dicintainya. 

Tak berhenti di situ, stres emosional yang terjadi secara kronis akibat patah hati juga bisa menurunkan sistem kekebalan tubuh dan menyebabkan timbulnya peradangan maupun penyakit. Kondisi ini disebut sebagai sindrom patah hati.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News