JPNN.com

Benarkah Peminum Teh Hijau Bisa Hidup Lebih Lama?

Kamis, 06 Februari 2020 – 22:15 WIB Benarkah Peminum Teh Hijau Bisa Hidup Lebih Lama? - JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Para peneliti menemukan bahwa lebih dari 100.000 orang dewasa Tiongkok yang minum teh hijau setidaknya tiga kali seminggu, cenderung lebih sedikit menderita serangan jantung atau stroke selama tujuh tahun ke depan.

Pecinta teh hijau juga memiliki harapan hidup yang sedikit lebih lama. Pada usia 50 tahun, mereka bisa berharap untuk hidup lebih dari setahun lebih lama daripada rekan-rekan mereka yang bukan konsumen biasa teh hijau. Penelitian ini adalah yang terbaru untuk melihat potensi efek kesehatan teh hijau.

Selama bertahun-tahun, banyak penelitian telah mengaitkan minuman ini dengan manfaat seperti kadar kolesterol sehat dan berat badan, dan risiko penyakit jantung dan kanker tertentu yang lebih rendah.

Studi-studi itu, seperti yang sekarang, adalah "observasi" - di mana para peneliti bertanya kepada orang-orang tentang kebiasaan gaya hidup mereka dan faktor-faktor lain, kemudian mengikuti hasil kesehatan mereka. Keterbatasannya adalah mereka tidak membuktikan bahwa teh hijau itu sendiri memberikan manfaat apa pun.

Peminum teh hijau mungkin berbeda dari bukan konsumen dengan cara lain. "Penelitian di Amerika Serikat telah menemukan bahwa peminum teh (semua jenis teh) umumnya memiliki diet yang lebih sehat daripada bukan peminum," kata Whitney Linsenmeyer, asisten profesor nutrisi di Saint Louis University, seperti dilansir laman WebMD, Selasa (4/2).

Peneliti memang mencoba menjelaskan perbedaan tersebut. Dalam studi saat ini, para peneliti bisa menimbang diet keseluruhan, kebiasaan olahraga, merokok dan tingkat pendidikan, di antara faktor-faktor lainnya. "Tetap saja, tidak mungkin mengendalikan semuanya," kata Linsenmeyer, yang juga seorang juru bicara untuk Akademi Nutrisi dan Diet.

Sejumlah penelitian di berbagai negara kini telah menemukan manfaat kesehatan di kalangan peminum teh hijau. Plus, ada beberapa bukti dari uji klinis. Linsenmeyer menunjuk pada percobaan baru-baru ini terhadap wanita Iran yang menemukan bahwa mereka yang minum tiga cangkir teh hijau sehari melihat peningkatan berat badan, tekanan darah, gula darah dan kolesterol selama delapan minggu.

Jadi, jika Anda penggemar teh hijau, minumlah. Teh hijau bebas kalori dan kaya antioksidan. Ini adalah minuman sehat untuk dimasukkan dalam diet Anda jika Anda suka rasanya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...