JPNN.com

Benarkah Teh Hijau Bisa Kurangi Lemak Tubuh?

Jumat, 17 Mei 2019 – 21:07 WIB Benarkah Teh Hijau Bisa Kurangi Lemak Tubuh? - JPNN.com

jpnn.com - Apa yang langsung Anda pikirkan saat mendengar kata teh hijau? Selain populer sebagai teman ngemil sore, teh hijau juga dikenal dengan manfaatnya untuk menurunkan berat badan dan lemak tubuh. Bagaimana faktanya menurut medis?

Bersama kopi, teh adalah minuman yang paling sering dikonsumsi masyarakat Indonesia. Selain wanginya, teh juga digandrungi karena katanya banyak memiliki manfaat kesehatan.

Beberapa fakta memang benar, tapi tidak semuanya. Mari bahas satu per satu.

1. Teh mengandung antioksidan

Teh mengandung banyak sekali antioksidan, salah satunya cathechins. Antioksidan berperan untuk melawan radikal bebas yang berbahaya untuk tubuh. Pada orang dengan kegemukan atau obesitas, terjadi peradangan minimal dalam waktu kronis atau lebih sering disebut dengan low grade inflammation.

Peradangan pada obesitas ini bisa berbahaya dan menyebabkan banyak penyakit. Misalnya, diabetes dan penyakit jantung koroner. Antioksidan dapat membantu mengatasi radikal bebas yang tercipta akibat obesitas.

2. Teh mengandung kafein

Teh, seperti juga kopi mengandung kafein. Zat ini bersifat stimulan, artinya meningkatkan aktivitas simpatis dan metabolisme tubuh. Pada beberapa studi, kafein terbukti memiliki efek untuk meningkatkan performa latihan fisik dan berefeknya dalam pembakaran lemak.

Sumber klikdokter

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...