Rabu, 26 Juni 2019 – 00:53 WIB

8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol

Senin, 13 Mei 2019 – 14:14 WIB
8 Makanan Penurun Kadar Kolesterol - JPNN.COM

jpnn.com - Siapa pun tidak ada yang mau kadar kolesterol dalam tubuhnya tinggi. Sebisa mungkin dan lewat berbagai cara, Anda perlu menurunkan kadar kolesterol jika sudah kelewat batas. Kabar baiknya, ada beberapa makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol dalam tubuh.

Ada dua jenis kolesterol dalam tubuh, yakni high-density lipoprotein (HDL) atau yang dikenal sebagai kolesterol baik. Sementara yang satu lagi adalah low-density lipoprotein (LDL) atau biasa disebut dengan kolesterol jahat.

Nah, kolesterol tipe LDL-lah yang perlu dikurangi jumlahnya dalam tubuh Anda. Menurut dr. Alvin Nursalim, SpPD dari KlikDokter, LDL harus diturunkan karena jika berlebihan dapat meningkatkan risiko berbagai gangguan kesehatan seperti penyakit jantung dan stroke.

"Tubuh manusia memproduksi kolesterol LDL secara alamiah. Tetapi, pola hidup yang tidak sehat seperti jarang berolahraga dan tidak mengontrol asupan makanan yang tinggi kolesterol dapat menyebabkan tubuh Anda memiliki jumlah kolesterol LDL yang lebih banyak.

Selain itu, beberapa orang juga mewarisi gen dari orang tuanya, sehingga orang tersebut memiliki kolesterol dalam jumlah yang lebih banyak," ungkap dr. Alvin.

Makanan yang bisa menurunkan kadar kolesterol

Untuk membantu menurunkan kadar kolesterol jahat di dalam tubuh, Anda butuh mengonsumsi makanan tertentu. Berikut beberapa jenis makanan yang dimaksud:

1. Alpukat
"Ketika Anda mengganti lemak jenuh yang ditemukan dalam produk hewani dengan lemak tak jenuh dari sumber tanaman seperti alpukat, dampaknya terhadap kolesterol sangat dramatis," kata Elroy Vojdani, MD, IFMCP, pemilik klinik terkemuka di Los Angeles, Amerika Serikat.

Sumber : Klikdokter
SHARES
Sponsored Content
loading...
loading...
Komentar