4 Trik Jalani Puasa Sekaligus Menurunkan Berat Badan

4 Trik Jalani Puasa Sekaligus Menurunkan Berat Badan
Berat Badan. ILUSTRASI. FOTO: Laman Health

jpnn.com - Bulan Ramadan, bulan penuh rahmat telah tiba. Bagi yang menjalankannya, puasa membantu mengendalikan diri dan bersyukur atas segala yang dimiliki. Selain mengumpulkan amalan baik, puasa Ramadan juga memiliki banyak manfaat kesehatan, salah satunya menurunkan berat badan.

Puasa Ramadan sudah diteliti memang memiliki banyak manfaat kesehatan. Beberapa di antaranya adalah penurunan kadar gula dalam darah, menurunkan kolesterol, dan menurunkan tekanan darah.

Bahkan ada yang sampai menyebutkan bahwa puasa di bulan Ramadan merupakan rekomendasi diet ideal bagi mereka yang menyandang diabetes ringan hingga sedang (tanpa insulin), obesitas, dan tekanan darah tinggi. Hal ini biasanya dimanfaatkan oleh orang-orang yang ingin menurunkan berat badan selama puasa.

Mengapa bisa demikian?

Menurunkan berat badan hakikatnya yang paling penting adalah jumlah kalori yang masuk ke dalam tubuh lebih sedikit daripada kalori yang dibuang. Kalori yang masuk ke dalam tubuh didapatkan dari makanan yang dikonsumsi, sedangkan kalori yang dibuang didapatkan dari aktivitas fisik.

Inilah mengapa penting sekali pengaturan makan dalam diet menurunkan berat badan adalah dengan membatasi asupan jangan sampai berlebih. Untuk mendukung upaya tersebut, dibutuhkan olahraga atau aktivitas fisik untuk meningkatkan jumlah kalori yang dibuang.

Nah, berikut ini adalah alasan mengapa puasa juga disebut sebagai saat terbaik untuk menurunkan berat badan:

1. Jam makan berkurang

Bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, momen puasa adalah waktu yang tepat untuk mengupayakannya.

Sumber klikdokter

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News