JPNN.com

Benarkah Ponsel Bisa Membuat Anda Depresi?

Jumat, 20 Desember 2019 – 10:10 WIB
Benarkah Ponsel Bisa Membuat Anda Depresi? - JPNN.com

jpnn.com - Bagi banyak orang, telepon seluler telah menjadi bagian penting dari kehidupan sehari-hari. Namun yang mungkin tidak Anda ketahui adalah bahwa ponsel itu berpotensi membahayakan kesehatan juga.

Penggunaan smartphone yang berlebihan bisa menyebabkan depresi.

Sebuah studi pada 2018 yang diterbitkan di Perpustakaan Nasional Kedokteran Amerika Serikat dan Institut Kesehatan Nasional menemukan adanya korelasi yang "mengkhawatirkan" antara kecanduan ponsel cerdas dan depresi di antara kelompok sampel Timur Tengah.

Para peneliti mengatakan bahwa penggunaan ponsel secara wajar disarankan terutama di kalangan orang dewasa muda dan pengguna yang kurang berpendidikan, yang bisa berisiko lebih tinggi terkena gejala depresi.

Eksperimen di kalangan mahasiswa Lebanon dan Austria juga menemukan hasil yang serupa.

Studi lain oleh peneliti Jean Twenge menemukan bahwa remaja yang menghabiskan lima jam atau lebih per hari pada ponsel mereka adalah 71 persen lebih mungkin menjadi depresi.

Mereka yang menghabiskan lebih banyak waktu untuk berolahraga, melakukan pekerjaan rumah dan bersosialisasi dengan teman-teman secara langsung menunjukkan risiko yang lebih rendah.

"Saya pikir aturan yang bagus untuk remaja dan dewasa adalah mencoba untuk tetap menggunakan ponsel mereka dua jam sehari atau kurang," kata Twenge, seperti dilansir laman MSN, Kamis (19/12).

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
yessy