Bencana Paling Menguras Duit Australia

Bencana Paling Menguras Duit Australia
Bencana Paling Menguras Duit Australia
MELBOURNE - Rangkaian banjir yang merendam Australia sejak sekitar sebulan lalu, adalah bencana yang paling menguras anggaran sepanjang sejarah Benua Selatan tersebut. Banjir yang terjadi di pesisir timur laut negeri itu menewaskan 30 orang, merusak 30 ribu rumah, serta setidaknya sekitar AUD 3 miliar (sekitar Rp 27 triliun) komoditas pertanian dan batu bara lenyap.

Yang lebih besar lagi adalah anggaran perbaikan setelah bencana, yang dampaknya bisa dirasakan hingga beberapa tahun ke depan tersebut. Hal itu diungkapkan oleh Deputi PM Wayne Swan, kemarin (23/1). Dia menjanjikan, pemerintah akan menyebutkan nilai anggaran untuk perbaikan infrastruktur itu pekan ini.

Meski sudah ada hitung-hitungan perbaikan, tidak berarti bencana sudah berhenti. Sejumlah kawasan malah masih terancam banjir. Sementara, danau-danau juga masih berpotensi meluap. Kawasan timur laut pun berpotensi mengalami badai tropis.

Biro Meteorologi Australia juga memberikan peringatan, bahwa di utara Queensland masih dimungkinkan terjadi badai siklon. Badai ini disebut bisa berujung angin kencang dan hujan deras, dan berpotensi terjadi dalam beberapa hari ke depan. (AP/c10/dos/ito/jpnn)

MELBOURNE - Rangkaian banjir yang merendam Australia sejak sekitar sebulan lalu, adalah bencana yang paling menguras anggaran sepanjang sejarah Benua


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News