Bendungan Jebol, Pasokan Air Terganggu

Bendungan Jebol, Pasokan Air Terganggu
Bendungan Jebol, Pasokan Air Terganggu
ENDE, -Akibat jebolnya Bendungan Weriwawi menyebabkan pasokan air minum PDAM untuk masyarakat kota Ende terganggu. Selain itu, menyebabkan irigasi Sokomaki kering.

Akibatnya, beberapa petani holtikultura di sepanjang irigasi tersebut tidak bisa menanam komoditi pertanian. Pantauan koran ini, nampak patahan bantal bendungan sekira 30 meter. Permukaan saluran irigasi dipadati pasir akibat luapan sungai Wolowona.

Kerusakan lebih parah ketika terjadi hujan dan banjir selama kurun waktu beberapa minggu terakhir. Tumpukan pasir sudah memenuhi saluran irigasi dan berbagai pohon yang tersangkut di pintu masuk bendungan tersebut. Juga pada saat yang sama pipa filter dan screen terbawa banjir namun akhirnya ditemukan.

Kepala PDAM Tirta Kelimutu Ende Soedarsono ditemui Kamis (10/1) di ruang kerjanya mengatakan, sebenarnya bendungan tersebut sudah jebol pada tahun lalu. Namun, pihaknya menyiasati dengan memberikan bronjong sehingga bisa membendung aliran air sehingga aliran air masuk dalam pipa dan selanjutnya dialirkan ke kota Ende.

ENDE, -Akibat jebolnya Bendungan Weriwawi menyebabkan pasokan air minum PDAM untuk masyarakat kota Ende terganggu. Selain itu, menyebabkan irigasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News