Benny Sebut Jokowi Sudah Penuhi Janji

Benny Sebut Jokowi Sudah Penuhi Janji
Presiden Jokowi menyalami warga. Foto: Ifransyah/dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komite Ekonomi dan Industri Nasional (KEIN) Benny Pasaribu menilai, arah pembangunan ekonomi yang dilakukan oleh Presiden Jokowi dan Kabinet Kerja selama tiga tahun memimpin, sudah tepat dan sesuai janji.

Meskipun hasilnya baru kelihatan nyata di sejumlah bidang kehidupan, tapi arah kebijakannya secara makro dan fundamental sudah tepat.

Yaitu membangun ekonomi kerakyatan mulai dari pinggiran dan desa, membuka akses jalan dan jembatan ke daerah terisolasi/ tertinggal dan memperkuat basis pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan.

"Berbagai keberhasilan tersebut antara lain di bidang infrastruktur (jalan, jembatan, waduk, embung dan sebagainya), pembangkit listrik berbasis energi baru/ terbarukan, pelabuhan dan bandara, membangun desa, dan sebagainya," ujar Benny di Jakarta, Senin (23/10).

Presiden Jokowi kata Benny, juga berhasil melakukan berbagai langkah kebijakan yang mampu menekan angka inflasi, kemiskinan, pengangguran dan kesenjangan ekonomi.

Berbagai kebijakan untuk mendorong investasi telah dikeluarkan seperti penghapusan berbagai perizinan, kemudahan bagi UKM dan start up, pengendalian impor dan kemudahan ekspor, mengalihkan subsidi BBM dan memudahkan akses masyarakat terhadap pendidikan, kesehatan, kesejahteraan dengan Kartu Indonesia Pintar, Kartu Sehat dan Kartu Sejahtera.

"Meski demikian, dalam sisa waktu dua tahun ke depan berbagai persoalan ekonomi yang masih menghambat diharapkan dapat diatasi," ucap mantan Ketua Komisi Pengawas Persaingan Usaha (KPPU) ini.

Pemerintah menurut Benny, perlu lebih fokus mendorong industrialisasi terutama pada hilirisasi produk-produk pertanian yang dihasilkan petani dan nelayan, industrialisasi maritim, pariwisata, dan ekonomi kreatif.

Meskipun hasilnya baru kelihatan nyata di sejumlah bidang kehidupan, tapi arah kebijakan pemerintahan Jokowi secara makro dan fundamental sudah tepat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News