Beragam Event Seru Ada di Festival Danau Tondano 2017

Beragam Event Seru Ada di Festival Danau Tondano 2017
Keindahan danau Tondano.

jpnn.com, MINAHASA - Festival Danau Tondano (Fesdaton) di kawasan Objek Wisata Benteng Moraya akan dibuka besok, Jumat (27/10). Festival yang diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Minahasa melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata ini akan berlangsung hingga 7 November 2017.  

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Minahasa, Agustifo Tumundo mengatakan, kegiatan yang didukung Kementerian Pariwisata (Kemenpar) ini akan diawali dengan Fun Walk dengan lokasi start di Taman God Bless Minahasa dan mengambil rute keliling Kota Tondano dan finish di Benteng Moraya Tondano. 

Di Benteng Moraya, imbuh Agustifo, kegiatan dilanjutkan dengan acara Senam Zumba, Poco-Poco, Maumere dan Lomba Memasak Ikan Mujair Woku Belanga untuk meraih rekor MURI sebagai kegiatan terbanyak dan terpanjang. Kegiatan tersebut bekerja sama dengan Kakigatal Production.  

"Kegiatan tersebut akan melibatkan Perangkat Desa dam Kelurahan, Lomba Memasak Mujair Goreng Pegawai Lintas Instansi Pemkab, instansi vertical, BUMN, BUMD dan Kecamatan. Untuk Lomba Memasak Olahan Ikan Nike akan diikuti guru-guru SD, SMP, SMA/SMK se-Kabupaten Minahasa," ungkap Agustifo.

Agustifo menjelaskan, selama kegiatan perlombaan berlangsung, seluruh peserta dan pengunjung akan dihibur oleh artis Komedi Nasional Mongol Stres, Isti Julistry dan Gio Idol. "Juga ada lomba Memasak Mujair Woku Belanga akan memperebutkan Trophy Bergilir Bupati Minahasa, Trophy tetap dan sejumlah hadiah lainnya," kata Agustifo.  

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara Kemenpar Esthy Reko Astuti, berharap partisipasi dan dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Minahasa untuk khususnya keikutsertaan instansi Pemkab Minahasa, instansi vertical, BUMN, BUMD, Kecamatan, Desa, Kelurahan dan Sekolah-sekolah untuk mensukseskan kegiatan ini. 

"Target pengunjung dari kegiatan ini diharapkan mencapai 10.000 pengunjung. Dengan adanya event ini dapat menjadi wadah promosi dan memperkenalkan Destinasi di Minahasa khususnya dan destinasi di Provinsi Sulawesi Utara, yang pada akhirnya dapat meningkatkan jumlah wisatawan mancanegara maupun nusantara untuk target wisman 2017 sebesar 110.000 wisman dan 1.500.000 wisatawan nusantara," ujar Esthy yang didampingi Kabid Promosi Wisata Alam Hendry Noviardi. 

Tambah Esthy, Danau Tondano termasuk satu dari 88 kawasan strategis pariwisata nasional (KSPN) dan juga termasuk satu dari tujuh danau yang tengah direhabilitasi oleh Kementerian Pekerjaan Umum & Perumahan Rakyat.

Festival Danau Tondano (Fesdaton) di kawasan Objek Wisata Benteng Moraya akan dibuka besok, Jumat (27/10). Festival akan berlangsung hingga 7 November 2017.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News