Berani Bakar Hutan, Lumpuhkan dengan Tembakan

Berani Bakar Hutan, Lumpuhkan dengan Tembakan
Kebakaran hutan di Kalimantan. Foto: Istimewa

jpnn.com, OGAN ILIR - Kapolda Sumatera Selatan Irjen Zulkarnain Adinegara secara tegas mengatakan pihaknya tidak akan kompromi dengan pelaku pembakar hutan dan lahan.

Terlebih lagi beberapa hari ini, titik api di wilayah kerjanya dilaporkan terjadi peningkatan.

''Anggota sudah saya perintahkan, jika melihat orang sengaja membakar lahan untuk buka kebun maupun bakar hutan, saya perintahkan tembak di tempat,'' tegasnya pada media, Jumat (20/7).

Karena, kata Zulkarnain, pihaknya setiap saat sudah sering melakukan sosialisasi dengan menyebar maklumat, baliho, bahkan sosialisasi door to door.

''Jadi jika masih membakar dengan sengaja, apa boleh buat, kita robohkan dengan tembakan. Tentunya sesuai dengan aturan dan prosedur yang benar,'' katanya.

''Soal permintaan tembak di tempat ini juga datang dari Pak Bupati OKI, Bapak Iskandar kepada pihak aparat keamanan. Jadi kami tidak main-main dengan pelaku pembakar lahan,'' tambahnya.

Zulkarnain mengaku baru saja kembali dari lokasi Karhutla yang sempat membara di Ogan Komerin Ilir, Sumsel. Di lokasi ini, akhirnya titik api berhasil dipadamkan setelah beberapa hari.

''Diduga yang terbakar ini milik korporasi. Kami akan proses dan tindak tegas. Areal mereka yang terbakar sudah kami beri police line,'' katanya.

Polisi akan menindak tegas perusahaan yang menjadi penyebab kebakaran lahan dan hutan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News