Berapa sih Pendapatan Sebulan Penggali Kubur Om Bob Itu?

Berapa sih Pendapatan Sebulan Penggali Kubur Om Bob Itu?
Jenazah Bob Sadino saat dibawa dari kediamannya untuk di makamkan di TPU Jeruk Purut, Jakarta, Selasa (20/1). Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com - JAKARTA--Pendapatan seorang penggali kuburan cukup besar juga. Dalam sebulan mereka bisa mendapatkan uang hingga Rp 5 juta.

Pendapatan ini tidak hanya dari menggali liang kubur saja, tapi dari pekerjaan lain juga. Seperti merawat dan membersihkan makam.

Hasanuddin, 44, yang menekuni profesi tukang gali kubur sejak 1998 ini mengaku, tidak hanya mengandalkan pekerjaan menggali kubur.

Kalau hanya didasarkan pada galian saja, biaya hidup keluarganya tidak cukup. Bila ramai, dia bisa menggali 20 kuburan dalam sebulan. Bila sepi, penghasilannya merosot.

"Kalau yang meninggal sedikit, saya merawat makam. Nantinya saya dapat upah bulanan dari Rp 50 ribu sampai Rp 150 ribu per bulan. Besarannya tergantung keluarga ahli waris," kata Hasanuddin, penggali kubur Bob Sadino, di TPU Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Selasa (20/1).

Dalam sebulannya, Hasanudin mengaku merawat sekitar 100 makam. Pria berperawakan sedang ini menambahkan, tidak ada ketentuan mengikat dengan keluarga ahli waris.

"Kalau mereka minta merawatnya kami rawat. Ada yang kasih sesuai ketentuan kantor Rp 50 ribu, ada juga yang memberikan lebih Rp 150 ribu. Semuanya tergantung keikhlasan saja ," ujarnya. (esy/jpnn)

 


JAKARTA--Pendapatan seorang penggali kuburan cukup besar juga. Dalam sebulan mereka bisa mendapatkan uang hingga Rp 5 juta. Pendapatan ini tidak


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News