Berdebu, Calhaj Diminta Pakai Masker

Seorang Calhaj dari Cipondoh Meninggal Dunia

Berdebu, Calhaj Diminta Pakai Masker
Berdebu, Calhaj Diminta Pakai Masker
MAKKAH-Cuaca panas yang cukup menyengat harus diwaspadi oleh para calon haji (cahaj) Indonesia. Apalagi udara saat ini kadang bercampur debu. Menyusul banyak pembangunan gedung di sejumlah lokasi di Makkah."Para calhaj hendaknya memakai masker kalau keluar dari pemondokan," ujar Kepala Seksi Kesehatan Daerah Kerja Makkah dr Tafshin al Farizi kepada INDOPOS (Grup JPNN), kemarin.

Para calhaj juga harus menjaga waktu istirahat. Terutama mereka yang datang dari Madinah. Sekadar diketahui, calhaj gelombang I menuju ke Madinah dahulu sebelum ke Makkah. Mereka kali pertama masuk ke Makkah pada 11 Oktober dini hari lalu. "Selain masker dan jaga waktu istirahat, juga banyak minum," ujar Tafshin.

Para jamaah memang harus menjaga kesehatannya. Sebab, rangkaian haji nanti membutuhkan energi yang cukup. Misalnya wuquf di Arafah dilanjutkan menginap di Muzadilifah, lalu ke Mina, hingga melontar jumrah. "Di setiap kloter disediakan 1 dokter dan 2 perawat.  Sedangkan di setiap sektor, ada 8 tenaga medis," jelasnya.  Dari pantaun INDOPOS kemarin (14/10) sejumlah jamaah di sekitar Masjidi Haram memang memakai masker. Namun, sebagian yang lain belum memakainya.

Makkah memang semakin ramai oleh calon haji (calhaj) Indonesia. Calhaj asal Indonesia sering INDOPOS jumpai di Masjidil Haram dan sekitranya. Selain dari Madinah yang merupakan gelombang I, yang terus berangsur-angsur masuk Makkah, gelombang dua juga sudah dijadwalkan masuk kemarin (14/10). Dari data Sistem Informasi dan Komputerisasi Haji Terpadu, hingga pukul 15.15 waktu setempat sudah 20.428 calhaj dari Madinah yang masuk ke Makkah. Mereka tergabung dalam 51 kloter. Kemarin (14/10), dijadwalkan 17 kloter akan datang dari Madinah. Namun hingga pukul 16.30 waktu setempat, baru dua kloter yang sudah tiba di Makkah. Sementara dari gelombang 2, calhaj yang tiba di Jeddah kemarin direncanakan 1 kloter, akan langsung ke Makkah. Kloter 12 dari embarkasi Medan yang mengangkut 455 calhaj dari Sumatera Utara dijadwalkan tiba petang kemarin.

MAKKAH-Cuaca panas yang cukup menyengat harus diwaspadi oleh para calon haji (cahaj) Indonesia. Apalagi udara saat ini kadang bercampur debu. Menyusul

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News