Berebut Harta Karun Kerajaan Kutai Kartanegara, Dapat Koin Emas Hingga Cicin Kuno

Berebut Harta Karun Kerajaan Kutai Kartanegara, Dapat Koin Emas Hingga Cicin Kuno
Warga berebut mencari harta karun peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara. FOTO: prokal.co

jpnn.com - PENEMUAN koin emas di kawasan sungai Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu menghebohkan masyarakat sekitar. Mereka menganggap bahwa koin emas itu adalah harta karun peninggalan kerajaan Kutai Kartanegara. Kini puluhan warga pun bejubel ke sungai untuk berebut mencari harta karun itu.

Bermodalkan peralatan seadanya, beberapa warga berhasil menemukan harta karun peninggalan kerajaan Hindu tertua di Indonesia itu. Ada yang menemukan koin emas hingga koin tembaga. 

Warga lainnya juga menemukan mata pancing yang terbuat dari emas. Ada juga yang menemukan perkakas kerajaan yang terbuat dari giok dan cincin.

Sejak Senin pekan lalu, jumlah pencari harta karun ini terus bertambah hingga anggota keluarga juga ikut dilibatkan. 

Bermodalkan perahu kecil dan alat sederhana, mereka terus menyisir tepi sungai untuk menggali barang yang dianggap memiliki nilai jual tinggi itu. Apalagi beredar informasi jika di tempat ini dulunya merupakan pusat aktivitas kerajaan Kutai Kartanegara.

Salah satu warga yang ikut melakukan pencarian, Lani mengatakan, dia nekat melakukan pencarian karena harta peninggalan tersebut diperkirakan dapat dijual mahal.

“Dengar-dengar cerita saja, katanya kalau di sini lokasi peninggalan sejarah yang mudah dicari. Didatangi di lokasi dan terbukti ada pecahan-pecahan benda-benda itu. Setelah terbukti, ya beginilah jadinya. Ramai dan ada yang dulu-duluan mencari,” ujarnya, seperti dilansir Prokal.co (JPNN Group).

Senada, Jasmi yang juga tengah mencari harta karun mengatakan rela membawa seluruh keluarganya untuk ikut mencari harta karun tersebut.

PENEMUAN koin emas di kawasan sungai Desa Sabintulung, Kecamatan Muara Kaman, Kutai Kartanegara beberapa waktu lalu menghebohkan masyarakat sekitar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News