Beredar Foto Setya Novanto Bawa Handphone dalam Lapas, Ini Penjelasan Ditjen PAS

Beredar Foto Setya Novanto Bawa Handphone dalam Lapas, Ini Penjelasan Ditjen PAS
Setya Novanto menjalani sidang putusan di Pengadilan Tipikor, Jakarta. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Ditjen PAS Kemenkum HAM) menegaskan foto Setya Novanto (Setnov) yang sedang memegang handphone di Lapas Sukamiskin adalah gambar lama.

Hal ini disampaikannya menjawab foto Setya Novanto alias Setnov yang belakangan viral di media sosial sedang memegang handphone di dalam lapas.

Selain Setnov, dalam foto itu juga terlihat mantan Wali Kota Bandung Dada Rosada dan beberapa narapidana lainnya.

Kepala Bagian (Kabag ) Humas dan Protokol Ditjen PAS Kemenkum HAM Rika Aprianti menyatakan foto tersebut diambil saat perayaan Iduladha tahun lalu dan bukan foto baru.

“Itu foto tahun lalu, ketika Iduladha, hari raya qurban. Jadi itu bukan foto sekarang,” kata Rika saat dikonfirmasi, Sabtu (17/7) malam.

Dia memastikan pengetatan dan razia di dalam lapas dan rutan akan makin ditingkatkan. Ini untuk memastikan bahwa lapas dan rutan harus steril dari handphone dan narkoba.

"Sterilisasi terhadap barang-barang yang dilarang masuk juga sudah melibatkan kerja sama dengan jajaran Polri untuk melakukan razia rutin agar lapas dan rutan steril," ujar Rika.

Pihaknya pun sangat berterima kasih dengan masukan dan kritik masyarakat terhadap kejadian ini. Dia berjanji bahwa masukan dan kritik tersebut akan menjadi sesuatu berharga bagi lembaganya.

Ditjen PAS Kemenkum HAM memberikan penjelasan soal foto Setya Novanto (Setnov) yang memegang handphone di dalam lapas.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News