Beredar Kabar Istana Bahas Calon Kapolri Baru, Siapa Saja ya?

Beredar Kabar Istana Bahas Calon Kapolri Baru, Siapa Saja ya?
Joko Widodo. Foto: istimewa

jpnn.com - JAKARTA - Presiden Joko Widodo diprediksi bakal membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Kemungkinan, status dari Komjen BG segera dipastikan pekan ini.

"Dalam beberapa minggu ini sudah ada pembahasan, kami berharap presiden segera menetapkan kasus itu," ujar Ketua Umum Jaringan Kemandirian Nasional (JAMAN), Iwan Dwi Laksono, seperti dikutip dari Rakyat Merdeka Online (Grup JPNN), Minggu (1/2). 

Jika Jokowi memilih skenario pembatalan dalam drama ini, maka Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) disebut juga akan mengusulkan nama sembilan jenderal sebagai calon Kapolri baru.

"Saat ini nampaknya Istana sedang merancang sembilan nama yang akan jadi calon menggantikan BG sebagai calon tunggal," kata Iwan. 

Di tengah masyarakat dan juga awak media, sejumlah nama sudah menjadi bahan pergunjingan bakal menjadi Kapolri jika Komjen BG batal. 

Nama-nama yang beredar itu adalah Kabareskrim Irjen Budi Waseso, Plt Kapolri Komjen Pol Badrodin Haiti, Komjen Suhardi Alius, Irwasun Komjen Dwi Priyatno, Kabaharkam Komjen Putut Eko Bayu Seno, Kabaintelkam Komjen Djoko Mukti Haryono, Sestama Lemhanas Komjen Boy Salamudin, Kepala BNN Komjen Anang Iskandar, Kepala BNPT Komjen Saud Usman Nasution

Kemudian, ada juga nama Kapolda Jawa Timur Irjen Anas Yusuf, Kadiv Propam Irjen Syafruddin, Kapolda Sumut Irjen Eko Hadi Sutedjo, dan Kapolda Metro Jaya Irjen Unggung Cahyono.

Sebelumnya, Komisioner Kompolnas, Edi Hasibuan mengakui ada nama-nama yang masih sebatal usulan masyarakat. Namun pihaknya sama sekali belum memprosesnya, karena masih menunggu hasil sidang praperadilan yang diajukan Komjen Budi Gunawan terhadap status tersangkanya oleh KPK di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) yang dijadwalkan besok, Senin (2/2). (adk/boy/rmo/jpnn)


JAKARTA - Presiden Joko Widodo diprediksi bakal membatalkan pencalonan Komjen Budi Gunawan sebagai Kapolri. Kemungkinan, status dari Komjen BG segera


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News