Beredar Video Pungli di JITC, Ini Kata Uni Irma

Beredar Video Pungli di JITC, Ini Kata Uni Irma
Suasana di Jakarta International Container Terminal (PT JICT) pada masa pandemi. Foto: Dok. JICT

jpnn.com, JAKARTA - Komisaris Independen PT Pelindo 1 Irma Suryani Chaniago merespons rekaman video yang viral di media sosial terkait truk di JICT terbengkalai karena tidak ada operator yang bekerja.

Irma menyebutkan setelah diteliti, video itu diambil ketika para pekerja sedang menunaikan salat Jumat. Waktu itu dimanfaatkan oleh bagian IT JICT untuk melakukan refresh terhadap sistem.

Dia juga menghimbau masyarakat agar berhati-hati dalam membuat konten dan menyebarluaskannya.

"Begitu mudahnya masyarakat membuat konten menjadikan berita benar dan hoax semakin sulit dibedakan. Tetapi yang jelas, jika berita di video itu benar pasti pengguna jasa komplain dan produksi turun tajam. Faktanya kegiatan di JICT tetap normal," kata Irma dalam keterangan tertulisnya yang diterima JPNN.com, Senin (14/6).

Irma mengatakan penegakan hukum akan menjadi kunci terciptanya efisiensi di pelabuhan. Termasuk praktik pungli di titik-titik tertentu melalui oknum yang diduga bekerja sama dengan penegak hukum.

Dia juga menyebutkan banyak kejadian menunjukkan ketika terjadi aksi premanisme dan pemalakan terhadap sopir di jalanan, di lokasi yang sama aparat keamanan justru diam tidak bereaksi.

"Jika aparat bekerja dengan baik, sopir truk tentunya tidak perlu meminta uang lebih ke perusahaan yang kemudian jadi modus pungli," lanjutnya.

Politikus Nasdem itu juga meminta aparat penegak hukum duduk bersama dengan pelaku usaha pelabuhan.

Komisaris Independen PT Pelindo 1 Irma Suryani Chaniago menyebutkan video viral pungli di JICT diambil saat istirahat salat Jumat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News