Berharap Pembangunan Bandara Buntukunik Segera Terwujud

Berharap Pembangunan Bandara Buntukunik Segera Terwujud
Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo (tengah kemeja putih) bersama anggota Komisi V DPR saat melakukan kunjungan meninjau Bandara Buntu Kunik. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com - jpnn.com - Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah melakukan uji teknis terkait  keselamatan penerbangan di Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

"Uji teknis ini akan dilakukan selama tiga, terhitung mulai Februari 2017 ini," ujar Dirjen Perhubungan Udara Suprasetyo saat melakukan kunjungan kerja ke daerah Toraja, Kamis (2/2).

Suprasetyo juga melakukan kunjungan kerja bersama dengan anggota Komisi V DPR RI, yang dipimpin Wakil Ketua Komisi V DPR RI Lazarus.

"Tim dari Ditjen Perhubungan Udara segera melakukan uji teknis terkait kawasan keselamatan operasional penerbangan (KKOP) dan menentukan jenis pesawat apa yang bisa beroperasi di Bandara Buntukunik," tutur Suprasetyo.

Untuk saat ini, pesawat jenis ATR 72 yang direkomendasikan pihaknya, namun kata Suprasetyo akan dipastikan lagi dalam uji teknis.

Menurut Suprasetyo, pengujian teknis tersebut juga merupakan amanat dari Wakil Presiden Jusuf Kalla saat berkunjung ke Tanah Toraja pada 22 Januari lalu. Pengujian teknis tersebut sangat penting dilakukan, mengingat kondisi lokasi Bandara Buntukunik yang diapit pegunungan tinggi.

Dengan pengujian teknis yang detil, diharapkan pembangunan Bandara Buntukunik bisa dilakukan lebih cepat.

"Kami akan mendukung secara politis dan mendorong kementerian teknis untuk melakukan pengujian terhadap bandara-bandara di Toraja ini. Baik itu Bandara Buntukunik maupun Bandara Pong Tiku," imbuh Lazarus.

Direktorat Jenderal Perhubungan Udara tengah melakukan uji teknis terkait  keselamatan penerbangan di Bandara Buntu Kunik, Tana Toraja.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News