Berikut Profil Kepala BRIN Baru, Laksana Tri Handoko

Rabu, 28 April 2021 – 16:24 WIB
Berikut Profil Kepala BRIN Baru, Laksana Tri Handoko - JPNN.com
Laksana Tri Handoko dalam pelantikan menjadi kepala LIPI sebelum dilantik menjadi Kepala BRIN. Foto: LIPI

jpnn.com, JAKARTA - Presiden RI Joko Widodo melantik Laksana Tri Handoko sebagai Kepala Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) di Istana Negara, Jakarta, Rabu (28/4).

Kepala BRIN Handoko, sebelumnya merupakan Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Handoko menjadi Kepala LIPI setelah dilantik oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi RI saat itu M. Nasir pada 31 Mei 2018.

Sebelumnya, fisikiawan ini merupakan Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik (IPT) LIPI sejak 2014.

Pria kelahiran Malang, 7 Mei 1968 ini pernah berkuliah di S1 Teknik Fisika Institut Teknologi Bandung.

Namun baru 3 bulan berkuliah di kampus teknik terbaik di Indonesia itu, Handoko mendapat beasiswa untuk melanjutkan S1 bidang fisika di Universitas Kumamoto Jepang.

Kemudian di Negeri Matahari Terbit, dia melanjutkan studi untuk meraih gelar master di Universitas Hiroshima bidang fisika teori pada 1995. Kemudian pada 1998, Handoko memperoleh gelar doktor pada universitas yang sama.

Setelah menyelesaikan pendidikan tingginya, Handoko menjadi peneliti di lembaga-lembaga penelitian dunia seperti The Abdus Salam International Center for Theoretical Physics ICTP di Trieste, Italia, kemudian di Deutsches Elektronen-Synchroton di Hamburg, Jerman, serta Department of Physics di Yonsei University, Korea Selatan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...