Berita Terbaru Seputar Seleksi CPNS 2018 dari Asman Abnur

Berita Terbaru Seputar Seleksi CPNS 2018 dari Asman Abnur
Asman Abnur. Foto: Humas Kemenpan

jpnn.com, JAKARTA - Ini berita terbaru seputar seleksi CPNS 2018 dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Asman Abnur.

Asman mengatakan, penetapan formasi CPNS kepada daerah mempertimbangkan banyak aspek. Salah satunya kemampuan keuangan daerah.

Saat ini masih banyak daerah yang belanja pegawainya di atas 50 persen. Hal tersebut menjadi salah satu pertimbangan pemerintah.

"KemenPAN-RB dan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan saat ini tengah melakukan pendataan di daerah mana saja yang mengalami kekurangan maupun kelebihan jumlah guru. Daerah yang jumlah gurunya masih kurang akan diprioritaskan dalam rekrutmen CPNS profesi guru," ujar Menteri Asman, Jumat (30/3).

Dia berharap, formasi guru akan menjadi prioritas utama dalam seleksi CPNS 2018. Namun berapa jumlahnya masih belum putuskan.

"Mendikbud menyampaikan 100 ribu, tapi nanti kan saya harus tawarkan lagi ke daerah yang belanja pegawainya tidak lebih dari 50 persen. Kalau kami tambah lagi bebannya, saya khawatir belanja pegawainya tersedot lagi untuk bayar gaji pegawai," jelasnya. Prinsipnya yang namanya guru dan tenaga kesehatan tidak boleh kurang.

Politikus Partai Amanat Nasional ini juga berharap ke depannya bisa ada kebijakan untuk mengangkat guru PNS sebagai pegawai pemerintah pusat. Dalam tata kelola guru selama ini di Indonesia, berlaku otonomi daerah sehingga guru menjadi kewenangan pemerintah daerah, baik provinsi, kabupaten, maupun kota.

"Dengan menjadikan guru sebagai pegawai pusat, Kemendikbud bisa memiliki standar khusus yang bisa diterapkan secara nasional," tuturnya.

MenPAN-RB Asman Abnur menyampaikan informasi terbaru seleksi CPNS 2018, terkait formasi untuk guru.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News