Berita Terkini PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Umumkan Hal Penting, Catat!

Berita Terkini PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Umumkan Hal Penting, Catat!
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan berita terkini soal PPKM Jawa Bali dan jumlah kasus penularan Covid-19. Foto: Dok. JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan konfirmasi Covid-19 pelaku perjalanan luar negeri (PPLN) mendominasi proporsi kasus harian di Indonesia.

Konfirmasi Covid-19 PPLN menyebabkan kenaikan kasus aktif dan perawatan pasien di Jawa-Bali.

"Pada 9 Januari lalu misalnya di Jakarta, dari 393 kasus yang terjadi hampir 300 kasus di antaranya disebabkan oleh para pelaku perjalanan luar negeri. Kami mohon teman-teman sekalian menahan diri untuk tidak ke luar negeri, kecuali urusan sangat-sangat penting," ucap Luhut Binsar dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Senin (10/1).

Koordinator PPKM Jawa Bali itu menjelaskan meski jumlah kasus meningkat, namun jumlah kematian di Jawa-Bali cukup terjaga dengan baik. Hanya satu kematian selama Januari yang ditemukan di Jakarta.

Selain itu kasus konfirmasi di Provinsi lainnya relatif terjaga meski terdapat sedikit kenaikan kasus di Bali, Banten, dan Daerah Istimewa Yogyakarta.

Dia menyebut daerah pun juga kembali meningkatkan jumlah testing dan tracing dalam seminggu terakhir utamanya di sebagian besar wilayah Aglomerasi Jawa Bali.

"Perlu saya tegaskan kembali, bahwa sistem kesehatan Indonesia hari ini cukup siap dalam menghadapi adanya varian baru yang kembali mengancam kehidupan kita," tegas Luhut Binsar.

Kendati demikian, langkah preventif merupakan kunci utama agar kita terus terhindar dan dapat keluar dari pandemi ini. Kita harus kompak tidak perlu mencari kekurangan di sana-sini, tetpi kita harus saling mengingatkan dengan baik," tegas Menko Luhut.

Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyampaikan berita terkini soal PPKM Jawa Bali dan jumlah kasus penularan Covid-19.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News