Berkat Bantuan Kementan, Panen di Subang lebih Optimal

Berkat Bantuan Kementan, Panen di Subang lebih Optimal
Petani sedang memanen padi. Foto: Ist

jpnn.com, SUBANG - Memasuki awal 2018, produksi padi di Kabupaten Subang, Jawa Barat cukup berlimpah.

Ini sama dengan berbagai tempat yang sejak Desember 2017 hingga memasuki Minggu I Januari 2018 selalu ada panen.

"Hampir setiap hari di desa-desa wilayah Subang dilakukan panen," kata Heri Haperi Kepala UPTD Kecamatan Pabuaran saat mengunjungi lokasi panen padi bersama-sama Tim dari Badan Ketahanan Pangan Kementerian Pertanian di desa Pringkasep, dan desa Salam Jaya Kecamatan Pabuaran, kabupaten Subang, Jabar.

Sebelumnya Tim dari BKP juga menyaksikan panen di desa Bantarsari, Kecamatan Cijambe.

"Dari panen yang kami saksikan ini menunjukan hampir di beberapa Kecamatan di kabupaten Subang juga melakukan panen," tambah Heri.

Beberapa lokasi panen yang sudah dilakukan antara lain adalah, minggu I desa Pringkasap 70 ha, di desa Salamjaya 70 ha, dan di desa Pabuaran 63 ha.

"Setiap minggu para petani melakukan panen seluas 15 ha, bahkan pada minggu ke IV diperkirakan mencapai 30 hektar, sehingga total panen seluruhnya di kecamatan Pabuaran panen bulan januari mencapai 263 ha," jelas Heri.

Sementara itu, menurut Penyuluh Pertanian THL Kecamatan Pabuaran, Dedy, panen tahun ini lebih bagus dibanding tahun sebelumnya.

Berkat bantuan Kementerian Pertanian memberikan benih padi Ciherang membuat produksi sekarang mampu mencapai 7 ton per hektar.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News