Berkat Inovasi Pengelolaan Sampah, Pemuda Pelopor Ini Raih Penghargaan dari Kemenpora

Berkat Inovasi Pengelolaan Sampah, Pemuda Pelopor Ini Raih Penghargaan dari Kemenpora
Intan Josefin Purba (berbaju merah) Intan Josefin Purba meraih juara 1 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023 dari Kemenpora. Foto: dok. pribadi

jpnn.com, JAKARTA - Intan Josefin Purba meraih juara 1 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023 dari Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Pionir muda asal Kota Pematang Siantar, ini meraih prestasi atas dedikasinya mengembangkan ide-ide inovatif yang mendorong perubahan positif dalam pengelolaan sampah.

"Saya tidak menyangka karya saya bisa mendapatkan apresiasi dari pemerintah," kata Intan Josefin Purba, dalam keterangannya, Senin (1/1).

Perjalanan gemilang Intan Josefin Purba dimulai dari keseriusannya dalam mengelola budi daya maggot atau larva lalat tentara hitam (Black Soldier Fly/BSF).

Dedikasi yang tulus terhadap inovasi ini membawanya ke KELOLA, di Jalan Matio, Kelurahan Nagahuta Timur, Kecamatan Siantar Marimbun.

Alumnus  Institut Teknologi Bandung (ITB) ini mengolah sampah menggunakan BSF, menemukan potensi dalam pengelolaan limbah organik melalui inovasi ini.

Pada 2022, dia berkolaborasi dengan KELOLA mengelola sampah organik di Pematang Siantar, dengan kapasitas mencapai 200-500 kilogram per hari menggunakan Maggot BSF.

"Penghargaan ini memberikan saya semangat untuk terus berkarya hingga saat ini," tuturnya.

Intan Josefin Purba meraih juara 1 sebagai Pemuda Pelopor Tingkat Nasional Bidang Inovasi dan Teknologi Tahun 2023 dari Kemenpora.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News