Berkat Program Pemberdayaan Sampoerna, UMKM Ini Tembus Pasar Global

Berkat Program Pemberdayaan Sampoerna, UMKM Ini Tembus Pasar Global
Keberhasilan I Ketut Sumayana, pemilik CV Bali Pure yang merintis usaha sejak 2015 lalu menginspirasi banyak orang. Foto: dok Sampoerna

jpnn.com, JAKARTA - Keberhasilan I Ketut Sumayana, pemilik CV Bali Pure yang merintis usaha sejak 2015 lalu menginspirasi banyak orang.

Karena, dengan modal Rp 300.000 kini UMKM itu bisa memiliki pabrik sendiri.

Ketut mengatakan pola pikir simpel dan konsisten menjadi kata kunci untuk memulai usaha.

Hal itu diungkapkan Ketut saat webinar Indonesia Skills Week by Prakerja, Senin (21/8).

Ketut merupakan salah satu pelaku usaha binaan Sampoerna Enterpreneurship Training Center (SETC), sebuah program pemberdayaan UMKM binaan PT HM Sampoerna Tbk.
(Sampoerna) melalui payung Program Keberlanjutan “Sampoerna Untuk Indonesia”.

Bali Pure saat ini telah menjelma menjadi salah satu UMKM dengan beragam produk seperti virgin coconut oil (VCO), minyak kemiri, serbuk kunyit, serbuk jahe merah, bubuk daun kelor, hingga produk kosmetik golongan B.

Saat ini produk Bali Pure sudah berlayar ke pasar global seperti Amerika Serikat, Hong Kong, Singapura dan sedang dalam penjajakan masuk ke Negeri Sakura.

"Pertama berpikir simpel. Saya dapat kunyit dari petani, lalu berpikir apa yang bisa saya buat dan orang butuh dari kunyit ini. Saya lihat di toko ada serbuk kunyit. Nah, ini bisa saya lakukan dari kunyit harga Rp 1.000 per kilogram bisa menjadi Rp 25 ribu," ujarnya.

Keberhasilan I Ketut Sumayana, pemilik CV Bali Pure yang merintis usaha sejak 2015 lalu menginspirasi banyak orang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News