JPNN.com

Berkat Wakaf, Dua Pesantren di Lereng Gunung Slamet Dapatkan Sarana Air Bersih

Minggu, 01 November 2020 – 13:33 WIB
Berkat Wakaf, Dua Pesantren di Lereng Gunung Slamet Dapatkan Sarana Air Bersih - JPNN.com
Pengadaan sarana air bersih untuk Pesantren At-Tholibiyah dan Tarbiyatut Tholibin. Foto: Badan Wakaf Al-Qur'an for JPNN

jpnn.com, TEGAL - Berada di lereng Gunung Slamet menjadikan Pesantren At-Tholibiyah dan Tarbiyatut Tholibin memiliki suasana belajar yang sejuk. Namun, setiap musim kemarau, warga lereng Gunung Slamet dan dua pesantren tersebut akan mengalami kekeringan air bersih.

Pasokan air di bak penampungan pesantren berkurang drastis, sehingga tidak mencukupi kebutuhan 800 santri Pesantren At-Tholibiyah dan 300 santri di Pesantren Tarbiyatut Tholibin.

Kondisi tersebut menggerakkan tim Badan Wakaf Al-Qur'an (BWA) mencari solusi pengairan saat musim kemarau tiba. BWA sebagai filantropi Islam dengan semangat inovasi wakaf berinisiatif memberikan solusi dengan wakaf. Mereka mengajak para wakif untuk berwakaf mewujudkan sarana air bersih untuk Pesantren At-Tholibiyah dan Pesantren Tarbiyatut Tholibin.

Chief Operation Officer BWA Ustaz Ichsan Salam menjelaskan, berkat dukungan ribuan wakif, pekerja, jemaah sehingga tim engineering BWA berhasil menyelesaikan pekerjaan pengadaan sarana air bersih ini dengan melakukan pipanisasi sepanjang 8,5 Km dari sumber mata air ke pesantren dan penduduk sekitar.

Peresmian Wakaf Sarana Air Bersih dilaksanakan, Sabtu, 31 Oktober 2020 yang dihadiri kurang lebih 6.000 jemaah dan santri.

“Kami juga menyediakan bak penampung dengan kapasitas 25 ribu liter yang berfungsi sebagai bak pembagi air ke pesantren dan ke pemukiman warga,” ungkapnya, Sabtu (31/10).

Sebelumnya, pada 27 Maret 2019, Tim BWA melakukan tes geolistrik di sekitar Pesantren At-Tholibiyah dibantu tim geolistrik dari CV. Budi Semarang. Setelah hampir seharian melakukan tes geolistrik  didapatkan titik yang potensial dilakukan pengeboran.

"Ada lapisan akuifer di kedalaman 65 meter hingga 120 meter yang potensial untuk dilakukan pengeboran,” ujarnya.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
fri