JPNN.com

Berkoar-koar Saja Tidak Cukup, DPRD Perlu Sentil Anies dengan Interpelasi

Sabtu, 27 Februari 2021 – 18:28 WIB
Berkoar-koar Saja Tidak Cukup, DPRD Perlu Sentil Anies dengan Interpelasi - JPNN.com
Peneliti Formappi, Lucius Karus. FOTO: Radar Bandung/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Peneliti Forum Masyarakat Perduli Parlemen (Formappi) Lucius Karus menghormati langkah Partai Solidaritas Indonesia (PSI) mengajukan interpelasi terhadap Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.

Lucius mengatakan, langkah ini mendapatkan dukungan dari seluruh fraksi di legislatif.

"Saya kira sih kita menghormati langkah PSI yang ingin menggunakan hak interpelasi mereka dalam memaksimalkan pelaksanaan fungsi pengawasan terhadap kinerja Pemerintah," katanya saat dihubungi.

Dia menilai, usulan PSI ini tentu langkah maju karena minimal menggunakan jalur resmi dalam rangka mengevaluasi kebijakan-kebijakan yang diambil Pemprov.

Ini juga menjadi langkah DPRD DKI melakukan pengawasan terhadap eksekutif.

"Daripada hanya berkoar-koar saja, memang lebih bijak untuk memaksimalkan prosedur resmi yang tersedia untuk mengawasi, mengevaluasi atau menguji kebijakan-kebijakan eksekutif," ujarnya.

"Sebagai sebuah langkah pengawasan, mestinya fraksi-fraksi lain tak perlu terlalu menganggap langkah PSI ini merupakan sesuatu yang berlebihan. Fraksi-fraksi di DPRD mestinya bisa mendukung penggunaan hak interpelasi ini untuk memastikan banyak dugaan pelanggaran kebijakan pemerintah bisa terkonfirmasi langsung," tambah Lucius.

Dia mengimbau, DPRD DKI jangan berpikir negatif mengenai hak interpelasi.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...